RUMAH SAKIT KANKER DI MANADO (Implementasi “Holistic Medicine” Dalam Rancangan Arsitektur)

Authors

  • Syalom M Supit
  • Roosje J Poluan

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i2.2102

Abstract

ABSTRAK

Indonesia yang adalah negara berkembang, seiring dengan negaranya, Sulawesi Utara juga merupakan salah satu provinsi yang yang sedang berkembang yang ada dinegara Indonesia. Segala hal yang berhubungan dengan perkembangan seringkali memicu timbulnya berbagai aspek masalah didalamnya terlebih khusus masalah kesehatan, khususnya penyakit Kanker. Rumah Sakit Kanker selayaknya bisa dibangun di Kota Manado diperuntukan bagi masyarakat Sulawesi Utara, bahkan daerah sekitarnya. Selain melaksanakan fungsinya dalam melayani pasien, Rumah Sakit ini juga melaksanakan program pendidikan dibidang kanker yang diperuntukan bagi para dokter, mahasiswa, tenaga medis, bahkan masyarakat umum, dengan cara memberikan kesempatan dalam memperoleh informasi dan penelitian.

Untuk mencapai tujuan di atas, proses perancangan Rumah Sakit ini dilaksanakan dengan suatu konteks tematik implementasi “Holistic Medicine†dalam rancangan Arsitektur sebagai strategi yang akan diterapkan pada perancangannya. “Holistic Medicine†ialah suatu proses penerapan pengobatan secara menyeluruh, dengan harapan konsep ini teraplikasikan ke dalam rancangan arsitektur untuk pemenuhan fungsi dari Rumah Sakit Kanker sendiri.

Dalam hal ini penggunaan komponen desain yang bertanggung jawab menghasilkan rancangan Rumah Sakit Kanker yang sehat. Hal ini mengacu pada proses penyembuhan dan pengobatan bagi penderita kanker. Perbedaan ini diharapkan dapat makin meningkatkan dan mengintensifkan fungsi Rumah Sakit sebagai suatu fasilitas publik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Kata Kunci : Rumah Sakit, Arsitektur, Holistic Medicine.

Downloads

Published

2013-08-15