INKUBATOR UMKM DI KOTA PAREPARE

Desain Biofilik

Authors

  • Dhearisa M. Nanlohy
  • Octavianus H. A . Rogi
  • Windy J. Mononimbar

Abstract

Perancangan Inkubator UMKM di Kota Parepare ini didorong oleh pesatnya pertumbuhan UMKM yang ada di Kota Parepare, namun belum terdapat sama sekali bangunan baik dari pemerintah maupun non-pemerintah yang dapat digunakan atau memfasilitasi para pelaku UMKM mengembangkan usaha dan keahliannya, bahkan untuk memasarkan dagangannya. Saat ini pedagang berpencar di tiap pinggir jalan hanya untuk memasarkan jualannya. Hal ini membuat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang ada menjadi kurang berkembang, tidak maju bahkan sampai harus gulung tikar. Padahal jika dilihat UMKM memiliki fleksibilitas tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas besar.

Metode yang digunakan dalam perancangan kali ini yaitu teori dari John Zeisel yang terdapat 2 fase. Fase pertama yaitu pengembangan wawasan komprehensif  yang dilakukan untuk mengetahui serta memahami 3 aspek utama yaitu yang terdiri dari pemahaman terhadap objek rancangan, pemahaman terhadap lokasi atau tapak, dan pemahaman terhadap perancangan. Fase kedua yaitu siklus image – present – test dengan melakukan transformasi konsep berdasarkan data yang sudah didapat dari fase pertama, yaitu pengembangan wawasan komprehensif yang diawali dengan pemikiran konsep ( Imaging ), lalu lanjut di tahap penyajian konsep baik dalam bentuk gambar ataupun mode (Presenting) dan terakhir ada pengujian konsep berdasarkan kriteria pengujian tertentu atau proses asistensi (Testing).

Dalam perancangan Inkubator UMKM ini telah menjawab permasalahan yang ada yaitu, dapat membantu para pelaku UMKM dalam pengembangan dan pelatihan, memberikan informasi seputar UMKM di Kota Parepare, dan mempermudah pelaku UMKM untuk memasarkan produknya maupun sebaliknya mempermudah masyarakat dan wisatawan dalam mencari produk UMKM kota Parepare. Mengambil lokasi yang berbatasan langsung dengan pinggir sungai, sehingga digunakan tema biofilik dengan 14 pola desainnya dengan tujuan dapat memanfaatkan pengelolaan maksimal tapak. Tema ini juga dinilai dapat menyediakan kesempatan bagi manusia (Pelaku UMKM) untuk hidup dan bekerja pada tempat yang sehat, dan  minimum tingkat stres. Selain itu, dengan penerapan tema ini dapat menarik minat pengunjung dengan memberikan kesempatan untuk menjadi wadah interaksi masyarakat kota Parepare melalui hubungan positif dengan alam sebagai lingkungan hidup.

Kata Kunci : Biofilik, Inkubator, Parepare, UMKM.

Downloads

Published

2022-08-23