AKUARIUM TAMAN LAUT BUNAKEN DI MANADO

Metafora Kombinasi

Authors

  • Jeryan J. Sela
  • Surijadi Supardjo
  • Rahmat Prijadi

Abstract

Negara Republik Indonesia adalah suatu negara yang terdiri dari pulau-pulau. Negara ini memiliki banyak kekayaan laut, sehingga menjadi andalan dari pemerintah dalam menunjang pembangunan melalui sektor pariwisata. Pembangunan wisata bahari di provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu bentuk dari potensi kekayaan laut dimana panorama bawah laut menjadi favorite dari para wisatawan.

Objek akuarium taman laut adalah salah satu objek wisata laut yang menjadi alternatif dari para wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyelam. Adapun tujuan dari objek akuarium bawah laut atau akuarium taman laut ini adalah menjadi satu sarana rekreasi serta edukasi mengenai kekayaan laut bunaken pada khususnya dan kekayaan laut Indonesia pada umumnya, dengan harapan dapat juga meningkatkan sector pariwisata, sector Pendidikan dan ekonomi.

Adapun Taman Laut Bunaken ini terletak di pulau Sulawesi bagian Utara, Indonesia. Taman ini terletak di segitiga terumbu karang dan menjadi habitat untuk 390 spesies terumbu karang dan berbagai jenis ikan sehingga menjadi perwakilan ekosistem laut Indonesia. Lokasi objek perancangan Akuarium ini terletak di daerah reklamasi. Pantai Bailang yang termasuk dalam proyek pembangunan, Boulevard 2 dari arah Pelabuhan Manado menuju Tuminting dengan potensi yang bisa menunjang keberadaan objek penanganan karena merupakan akses yang mudah di capai dan mempunyai view ke pulau Bunaken.

Adapun pendekatan perancangan Taman Laut Bunaken ini adalah menggunakan tema Metafora Kombinasi.

 Kata Kunci: Akuarium, Taman Laut, Metafora Kombinasi.

Downloads

Published

2022-11-03