MANADO E-SPORT ARENA
High Tech Arsitektur
Abstract
Perkembangan E-Sport di Indonesia yang sangat tinggi dilihat dari banyaknya minat dari berbagai macam kalangan masyarkat terhadap e-sport dan kegiatan e-sport di Indonesia sendiri selalu diadakan setiap tahunnya dan didukung penuh oleh pemerintah, namun aktivitas atau kegiatan e-sport di Indonesia belum mempunyai tempat khusus yang dapat menunjang setiap kebutuhan e-sport yang ada. Perkembangan E-sport di Kota Manado memilki potensi yang begitu besar ditinjau dari banyaknya masyarakat yang menggemari E-sport serta banyaknya pemain professional yang berasal dari Kota Manado yang berprestasi di kancah Kompetisi Nasional maupun Internasional namun dikarenakan tidak adanya tempat yang mewadahi dan memfasilitasi kegiatan E-sport yang ada di Kota Manado membuat para pemain pemain yang ada kesulitan dalam mengembangkan bakat dan potensi yang ada. Untuk itu perlu adanya Perancangan Manado E-Sport Arena untuk mewadahi dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam bidang E-sport. Tujuan perancangan Manado E-Sport Arena adalah untuk menghadirkan sebuah bangunan yang dapat mewadahi dan memfasilitasi kegiatan dan aktivitas E-Sport. Perancangan Manado E-Sport Arena menggunakan metode perancangan Glass Box Process yang Rasionalitik yang menggunakan metode Siklus Imajinasi-Presentasi-Test oleh John Zeisel. Perancangan Manado E-Sport Arena mengambil Tema High Tech Arsitektur yang tidak lepas dari pemanfaatan dan pengembangan kemajuan teknologi yang ada. Perancangan Manado E-Sport Arena ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan perkenomian di Kota Manado dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Manado.
Kata Kunci: Manado, E-sport Arena, High Tech Arsitektur