Taman Doa Di Tondano “Ekspresi Doa Dalam Arsitektur”

Authors

  • Alan Pratasik
  • Roosje J. Poluan
  • Michael M. Rengkung

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v3i1.5572

Abstract

Taman Doa Di Tondano adalah sebuah objek wisata rohani yang menyediakan fasilitas kegiatan Ibadah alam terbuka dan fasilitas Retreat indoor serta hiburan rekreasi alam Danau Tondano.

Sebagai Ibukota dari daerah pekabaran injil Minahasa, Tondano adalah kota dengan penduduk Kristen yang besar. Banyak kegiatan-kegiatan Kristen yang dilaksanakan di Tondano, seiring berkembangan aktifitas yang ada sehari-hari, banyak anggota jemaat yang melaksanakan kegiatan ibadah tamasya atau kegiatan ibadah padang di hari-hari libur sebagai wujud untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Kegiatan ini sering dilaksanakan diluar kota atau tempat yang jauh dari suasana yang sibuk. Tondano sebagai ibukota kabupaten Minahasa sebenarnya merupakan daerah yang memiliki kriteria yang cocok sebagai tempat palaksanaan ibadah padang karena memiliki kaeindahan alam Danau Tondano yang luar biasa, selain itu tingkat kepadatan kendaraan juga masih sangat kurang dan belum adanya fasilitas yang mewadahi kegiatan ibadah padang dan retreat dengan pemanfaatan alam Danau Tondano. Dari profil inilah kota Tondano layak untuk dipilih sebagai lokasi hadirnya objek rancangan “Taman Doaâ€.

Dengan Menggunakan Suatu pendekatan tematik yaitu “Ekspresi Doa Dalam Arsitektur†Objek rancangan dapat mengaplikasikan tampat berdoa dan beribadah yang bersifat privasi, aman, dan nyaman dengan acuan dalam ayat Alkitab Matius 6:6-7 “(6) Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. (7) Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkanâ€. Maksud kamar dalam ayat ini diaplikasikan pada objek Taman Doa yang Terpisah dari aktifitas diluar site dengan cara pengorganisasian tapak dengan acuan teori Landscape Architecture.

Kata Kunci : Rekreasi, Ibadah Padang, Danau Tondano, Ekspresi Doa.

Downloads

Published

2014-09-15