KAMPUNG SUSUN NELAYAN DI TUMINTING (EKSPRESI PERILAKU PADA GUBAHAN BENTUK DAN RUANG ARSITEKTUR)

Authors

  • Christian I. Kiroh
  • Windy Mononimbar
  • Indradjaja Makainas

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v3i1.5574

Abstract

Dengan melihat wajah Kota Manado saat ini bisa dikatan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, itu dikarnakan banyak terjadi pembenahan di bagian-bagian yang merupakan pusat-pusat dari Kota Manado,  dapat dikatakan sebagai bentuk keindahan dari Kota yang sering sekali dilalui oleh masyarakat ataupun turis-turis lokal dan asing. Tetapi ada hal yang di lupakan oleh pemerintah Kota, bahwa ada pula bagian lain dari waja Kota yang perlu di tata serta di benahi agar dapat mendukung dan memberikan keuntungan bagi masyarakat pinggiran pesisiri pantai tuminting yang dimana kurang sekali di perhatikan, oleh karna itu timbulah satu ide pembangunan atau penataan ulang kawasan perkampungan secara bertahap dalam bentuk “ Kampung Susun Nelayan Di Tuminting “

Proses perancangan ini mengunakan tema yaitu: â€EKSPRESI PERILAKU PADA GUBAHAN BENTUK DAN RUANG ARSITEKTURâ€. Kenapa Tema ini yang di angkat/di gunakan karna melihat dua hal yaitu dari segi prinsib sebuah perkampungan pada umunya adalah Kebersamaannya, serta Kebudayaan yang takpernah lepas dari perilaku masyarakat kampung tersebut. Oleh karna itu dari sisi Arsitektur yang menampung masalah-masalah serta menganalisa sebuah kawasan sehingga dapat menghasilkan sebuang ide perancangan yang dapat memberikan wajah yang baru pada satu perkampungan yang ada pada umumnya.

Lokasi pembangunan “Kampung Susun Nelayan†ini terletak di Kota Manado. Terdapat beberapa lokasi yang dimana masyarakat di dalamnya berprofesi sebagai seorang nelayan, namun dengan melihat daerah tuminting terutama di Kec. Sindulang yang sedang di persiapkan sebagai daerah yang terbuka area pesisirnya, yang nantinya akan di lewati banyak kendaraan pribadi dan angkutan umum itu di karnakan posisi daerah site ini sangat dekat dengan jembatan Soekarno yang sedang dibangun. Karna itu, lokasi yang ada di Sindulang ini sangat cocok digunankan untuk ide perancangan.

 

Kata Kunci : Kampung, Penataan, Nelayan.

Downloads

Published

2014-09-15