PUSAT PELATIHAN BINA NETRA LOW VISION DI MANADO (Behaviour Modifier)

Authors

  • Triesa J. Kindangen
  • Rieneke L. E. Sela
  • Suryono MT

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v3i1.5578

Abstract

Perilaku manusia dalam hubungannya terhadap suatu lingkungan berlangsung dan konsisten sesuai waktu dan situasi. Karenanya pola perilaku yang khas untuk lingkungan tersebut dapat diidentifikasikan. Pola perilaku tersebut dapat mempengaruhi bentukan arsitektural yang ada pada lingkungan fisiknya, begitu pula sebaliknya.. Dalam kajian behaviour modifier ini  arsitektur atau bangunan harus berfungsi sebagai pembentuk perilaku.

Tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Berdasarkan tingkat gangguannya Tunanetra dibagi dua yaitu buta total (total blind) dan yang masih mempunyai sisa penglihatan (Low Vision). Pusat pelatihan bina netra low vision di Manado tempat untuk memfasilitasi penyandangn cacat tunanetra low vision dalam melatih diri dan membentuk pola prilaku yang baik dan mandiri.

Kata kunci : Pusat Pelatihan Bina Netra(low vision), Perilaku Arsitekur, Tunanetra, Penyandang cacat Tuna netra, Behaviour modifier.

Downloads

Published

2014-09-15