KAMPUNG WISATA MINAHASA DI TONDANO - Eksplorasi Kebudayaan Tradisional di Minahasa

Authors

  • Dwi Junita Tangkuman
  • Windy J. Mononimbar

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v1i2.569

Abstract

KAMPUNG WISATA MINAHASA DI TONDANO

(EKSPLORASI KEBUDAYAAN TRADISIONAL MINAHASA)

Dwi Juwita Tangkuman[1]

Windy J. Mononimbar,ST.,MT[2]

 

ABSTRAK

Minahasa merupakan daerah berbudaya. Kehidupan yang harmonis antar sub suku dan kearifan lokal masyarakat mengidentifikasikan bahwa masih adanya nilai-nilai kebudayaan tradisional yang melekat dalam kehidupan masyarakat Minahasa. Kenyataan lain mengungkapkan bahwa telah terjadi pergeseran nilai-nilai kebudayaan tradisional ke nilai-nilai yang muncul akibat perubahan gaya hidup dan pola pikir masyarakat modern. Hal ini patut diantisipasi lewat upaya penggalian, pelestarian, pengembangan serta pembinaan dengan menghadirkan suatu wadah yang dapat mengangkat kembali nilai-nilai kebudayaan tradisional Minahasa. Untuk itu dihadirkanlah objek Kampung Wisata Minahasa yang berlokasi di kota Tondano, sebagai suatu kawasan di ibukota Kabupaten Minahasa yang dapat merepresentasikan dan merekam kembali pola hidup masyarakat tradisional Minahasa dengan segala produk hasil karya kebudayaannya.

Tema Eksplorasi Kebudayaan Tradisional Minahasa diangkat untuk mengoptimalkan perancangan objek Kampung Wisata Minahasa, dalam pengaplikasiannya menggali lebih dalam lagi unsur-unsur kebudayaan Minahasa, serta mengkolaborasikannya dengan lokasi yang berada dalam lingkungan masyarakat yang masih lekat dengan budaya Minahasa.

Dengan dihadirkannya objek Kampung Wisata Minahasa diharapkan dapat berimplikasi positif terhadap masyarakat Minahasa guna meningkatkan kesadaran berbudaya, selain itu diharapkan juga dapat memiliki prospek yang baik terhadap pendapatan daerah dalam sektor pariwisata, dengan berkembangnya objek ini sebagai tujuan para wisatawan baik domestik maupun Internasional.

Kata kunci : Kampung wisata, Minahasa, Eksplorasi kebudayaan


[1] Mahasiswa PS 1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staf Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Published

2012-11-19