DISAIN PABRIK MINYAK GORENG DI BITUNG - Eko Arsitektur

Authors

  • Janny Mudeng
  • Welly Nangoy

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v2i1.891

Abstract

ABSTRAK

Kota bitung merupakan kota dengan kawasan ekonomi terpadu, dengan jumlah perusahaan industri yang cukup tinggi. Dalam rangka meningkatkan perekonomian wilayah sekaligus meningkatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, maka diadakan pembangunan pabrik minyak goreng untuk mengolah hasil alam yang berlimpah berupa tanaman kelapa.

Di Kota Bitung telah terdapat tiga perusahaan pabrik minyak goreng yaitu PT Bimoli, PT Multi Nabati Sulawesi dan PT Agro Makmur Raya yang letak lokasinya hanya terkonsentrasi di kawasan pusat kota bitung. Guna untuk memperluas lokasi industri dan agar tidak terkonsentrasi di suatu kawasan saja maka dilakukan pembangunan pabrik minyak goreng di kecamatan matuari. Rencana letak lokasi yang akan di pakai dekat dengan kawasan hutan serta perumahan penduduk.

Dalam perancangan Pabrik Minyak Goreng di Bitung, tema yang diangkat yaitu Eko Arsitektur atau Arsitektur pemerhati lingkungan yang di mana setiap perancangan bangunannya tidak akan menimbulkan dampak-dampak negatif bagi lingkungan maupun makhluk hidup sekitarnya.

Kata Kunci : Bitung, Pabrik Minyak Goreng, Ekologi Arsitektur


[1] Mahasiswa PS1 Arsitektur UNSRAT

[2] Staff Dosen Pengajar Arsitektur UNSRAT

Downloads

Published

2013-02-07