Analisis Sentimen di Media Online menggunakan metode Naive Bayes

Authors

  • Elizabeth Graseylla Ruus Universitas Sam Ratulangi
  • Luther A. Latumakulita
  • Jantje D. Prang

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan sistem analisis sentimen pada judul berita tentang COVID-19 di media online dengan parameter positif (klasifikasi berita baik) dan negatif (klasifkasi berita buruk). Proses analisis dan klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes dengan 50 Data berita Training dan 10 Data berita Testing. Hasil eksperimen menunjukan bahwa performa dari penerapan algoritma Naive Bayes menghasilkan nilai acuracy sebesar 0,7 , nilai precision sebesar 0,6 , dan nilai recall sebesar 0,75.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Ruus, E. G., Latumakulita, L. A., & Prang, J. D. (2023). Analisis Sentimen di Media Online menggunakan metode Naive Bayes. d’Cartesian, 11(1), 18–22. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/decartesian/article/view/36624

Issue

Section

Articles