Analisis Perpindahan Konsumen pada Pusat Perbelanjaan di Kota Manado dengan Menggunakan Rantai Markov
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.11.2.2022.42049Abstract
Perkembangan di sektor perdagangan semakin hari semakin meningkat, khususnya pada pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat, karena pusat perbelanjaan menyediakan sebagian besar dari apa yang masyarakat butuhkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semakin banyak orang berkunjung ke pusat perbelanjaan maka semakin tinggi tingkat minat berbelanja di suatu pusat perbelanjaan. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk memprediksi peluang perpindahan konsumen yang melakukan transaksi pada pusat perbelanjaan di masa yang akan datang dengan menggunakan metode rantai markov. Pusat perbelanjaan yang diteliti adalah pusat perbelanjaan yang ada di Kota Manado. Berdasarkan hasil prediksi tahun 2023 hingga tahun 2025, jumlah konsumen yang mengunjungi Star Square (Bahu Mall) mencapai 21,9%, Manado Town Square mencapai 23,1%, Mega Trade Center mencapai 12,8%, Mega Mall mencapai 20,6%, Grand Kawanua City Walk mencapai 7,9%, dan untuk Lippo Plaza mencapai 13,7%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 d'CARTESIAN:Jurnal Matematika dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Hak cipta