Analisis Rantai Markov Terhadap Pola Perpindahan Konsumen Pasar Swalayan di Kota Manado dengan Penilaian Pasar Swalayan menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW)

Authors

  • Riri A. Suratinoyo
  • Fernando D. Pongoh Sam Ratulangi University
  • Yohanes A.R. Langi Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.8.2.2019.23920

Abstract

Perpindahan konsumen pasar swalayan sangat berpengaruh di dunia industri. Konsumen memiliki peran penting bagi industri tersebut, sehingga sangat penting untuk mengetahui pola perpindahan konsumen, mengacu pada beberapa penelitian sebelumnya, untuk mengetahui pola perpindahan konsumen harus menggunakan Analisis Rantai Markov. Rantai Markov sendiri memiliki sifat bahwa kejadian di masa lalu tidak mempengaruhi kejadian di masa yang akan datang apabila kejadian saat ini diketahui. Setelah mengetahui pola perpindahan konsumen, langkah selanjutnya adalah melakukan penilaian pasar swalayan menggunakan metode Simple Additive Weight yang lebih dikenal dengan metode penjumlahan terbobot. Kedua metode ini sangat baik dalam penelitian ini, dengan  menggunakan analisis Rantai Markov didapati bahwa Golden merupakan pasar swalayan paling diminati oleh konsumen karena memiliki paling banyak konsumen yang berbelanja dalam kurun waktu lama. Sedangkan menggunakan metode Simple Additive Weight didapati bahwa Freshmart merupakan pasar swalayan terbaik karena memenuhi 6 kriteria yang telah di tentukan yakni Harga, Kelengkapan Kebutuhan, Promosi, Lokasi, Kenyamanan Tempat dan Pelayanan Karyawan.

Author Biographies

Riri A. Suratinoyo

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado

Fernando D. Pongoh, Sam Ratulangi University

Jurusan Matematika

Yohanes A.R. Langi, Sam Ratulangi University

Jurusan Matematika

Downloads

Published

2019-07-25

How to Cite

Suratinoyo, R. A., Pongoh, F. D., & Langi, Y. A. (2019). Analisis Rantai Markov Terhadap Pola Perpindahan Konsumen Pasar Swalayan di Kota Manado dengan Penilaian Pasar Swalayan menggunakan Metode Simple Additive Weight (SAW). d’Cartesian, 8(2), 76–79. https://doi.org/10.35799/dc.8.2.2019.23920

Most read articles by the same author(s)