Analisis Kebijakan Mutu Fasilitas Kesehatan TNI AU Timika dalam Rangka Peningkatan Kelas Pelayanan

Authors

  • Albertus Nugraha Universitas Sam Ratulangi
  • Gustaaf A. E Ratag Universitas Sam Ratulangi
  • Eva M. Mantjoro Universitas Sam Ratulangi
  • Welong S. Surya Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/ecl.v11i1.44518

Abstract

Abstract: Clinics and other health services are important parts of a social and health organization functioning to provide comprehensive, disease healing (curative) and disease prevention (preventive) services to the community. This study aimed to analyze the quality policy at the health service facilities of TNI AU Timika. This was a qualitative study. The results showed that the reliability of services was not in accordance with the standard operating procedure (SOP); responsiveness, namely the lack of health workers, therefore, the services were not optimal; assurance, namely that all health workers had licenses to practice, and treated the patients carefully and thoroughly; empathy, namely treating the patients according to their needs and responding to complaints open heartedly, such as accepting criticism and suggestions directly as well as through suggestion boxes and other communication media; physical evidence (tangibles), namely the completeness of the infrastructure was not optimal. In conclusion, Timika TNI AU clinic needs to improve and complete its facilities to achieve increased health service standards in order to provide stability and be able to support the military defense of Eastern Indonesian region in the health sector.

Keywords: health facility; reliability of services; responsiveness; assurance; empathy; tangibles

 

Abstrak: Klinik dan layanan kesehatan lainnya merupakan bagian penting dari suatu organisasi sosial dan kesehatan yang berfungsi untuk menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan mutu di fasilitas pelayanan kesehatan TNI AU Timika. Jenis penelitian ialah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas pelayanan belum sesuai SOP; daya tanggap, yaitu masih kurangnya jumlah petugas kesehatan sehingga pelayanan tidak maksimal; jaminan, yaitu semua tenaga kesehatan telah memiliki izin praktek dan melakukan tindakan kepada pasien secara hati-hati dan teliti; empati, yaitu menangani pasien sesuai dengan kebutuhannya serta menanggapi keluhan secara terbuka, dan menerima kritik dan saran secara lang-sung, melalui kotak saran dan media komunikasi lainnya; bukti fisik, yaitu sarana prasarana masih kurang lengkap. Simpulan penelitian ini ialah klinik TNI AU Timika perlu membenahi dan meleng-kapi fasilitasnya untuk mencapai peningkatan kelas standar pelayanan kesehatan agar memberikan stabilitas dan dapat mendukung pertahanan militer wilayah Timur Indonesia di bidang kesehatan.

Kata kunci: fasilitas kesehatan; reliabilitas pelayanan; daya tanggap; jaminan; empati; bukti fisik

Author Biographies

Albertus Nugraha, Universitas Sam Ratulangi

Kakes LANUD TNI AU Yohanis Kapiyau Timika

Gustaaf A. E Ratag, Universitas Sam Ratulangi

Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi,Manado, Indonesia

Eva M. Mantjoro, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia

Welong S. Surya, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Informatika Medis, Fakultas Sains dan Teknologi Esa Trinita, Institut Sains dan Teknologi Esa Trinita, Minahasa Selatan, Indonesia

References

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik. 2014. Available from: online https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/117304/permenkes-no-9-tahun-2014.

Rencana Aksi Kegiatan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado Tahun 2015-2019. 2016. Available from: online: https://www.google.com/url? sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwi8wsHUqvP7AhW4w3MBHfOrDtsQFnoECBEQAQ&url=https%3A%2F%2Fwww.btkljogja.or.id%2Fuploads%2F2019-02%2Frevisi-2-rencana-aksi-kegiatan-bbtklpp-yogyakarta-tahun-2015-2019.pdf&usg=AOvVaw39zY1v9C8Zk1sy_M5opxXq.

Peraturan Menteri Kesehatan tentang akreditasi puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi. 2015. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/ Home/Details/139228/permenkes-no-46-tahun-2015.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang keselamatan pasien. 2017. Available form: https://www.jogloabang.com/kesehatan/permenkes-11-2017-keselamatan-pasien.

Kalijogo FM. Analisis Kualitas pelayanan pasien klinik pratama dengan metode Servqual dan importance performance analysis. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi. 2019;21(3):15-30.

Lahdji A, Setiawan MR, Purnamasari WI. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak periode Mei-Oktober 2015. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah. 2017;5(2):71-7.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 129 tahun 2008 tentang standar pelayanan minimal rumah sakit. 2008. Available from: online https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc= s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjx57bkrfP7AhUfALcAHReDAmMQFnoECA8QAQ&url=https%3A%2F%2Frsudkorpriprovkaltim.co.id%2Fdocuments%2FPMK-No -129-tahun-2008-tengan-SPM-RS-lengkap.pdf&usg=AOvVaw3V7W8gxl-4FLNwEnRfRLva.

Deharja A, Nuraini N, Wijayanti RA. Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan BPJS di klinik Dr. M. Suherman Jember tahun 2017. Prosiding. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2017. p. 201-5. ISBN: 978-602-14917-5-1.

Sumule ES, Ratag GAE, Posangi J. Potensi penerapan konsep hospital without walls dalam rangka menurunkan angka cold case. Jurnal Kesehatan Medika Saintika. 2021;12(2):159-77.

Nurani D, Kaseke MM, Mongan AE. Dampak pandemi coronavirus disease-19 terhadap mutu pelayanan kemoterapi di ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. e-CliniC. 2021;9(2):412-23.

Ariyanti F, Arofi SP. Studi mutu (ServQual) dan kepuasan pasien berdasarkan akreditasi puskesmas. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2021;10(03):180-90.

Walyani ES. Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru; 2015.

Daryanto, Setyobudi I. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media; 2014..

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 56 Tahun 2014 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit. 2014. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/129900/permenkes-no-56-tahun-2014.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Nugraha, A., Ratag, G. A. E., Mantjoro, E. M., & Surya, W. S. (2022). Analisis Kebijakan Mutu Fasilitas Kesehatan TNI AU Timika dalam Rangka Peningkatan Kelas Pelayanan. E-CliniC, 11(1), 136–145. https://doi.org/10.35790/ecl.v11i1.44518

Issue

Section

Articles