Aplikasi Rekam Medik Pada Dokter Praktek

Authors

  • Bong E. Reginald
  • Yaulie D.Y. Rindengan
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i6.10434

Abstract

ABSTRAK

Teknologi informasi dan komunikasi computer saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Di dunia medis, dalam perkembangan pengetahuan yang begitu cepat ,Dokter akan cepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai alat untuk mengupdate perkembangan terbaru. Selain memiliki potensi dalam menyaring data dan mengolah menjadi informasi. TI mampu menyimpannya dengan jumlah dan kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual. Konvergensi dengan teknologi komunikasi juga memungkinkan data kesehatan di share secara mudah dan cepat.

Aplikasi rekam medic ini merupakan suatu aplikasi yang di rancang untuk mencatat rekam medis pasien, mencari informasi pasien dan memberikan layanan secara terpadu untuk pasien, maka dikembangkanlah system pengolahan data dengan pemrograman berbasis objek (OOP / Objek Oriented Programming) yang menangani basis data sehingga untuk kerjanya akan mengurangi berbagai kelemahan dan kesalahan yang ada pada sistem yang lama.          Pembuatan aplikasi ini menggunakan aplikasi Visual Basic 6.0 dan DBMS diintegrasikan dengan berbagai data dari tempat praktek Dr Ari Wibowo. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah data pasien, penyakit,serta total pembayaran dari dokter praktek tersebut.

Kata Kunci: data, DBMS, dokter, OOP, rekam medik

ABSTRACT

Information technology and computer communications today is an important part in the management of information. In the medical world, the rapid development of knowledge, doctors will quickly fall behind if it does not utilize a variety of tools to update the latest developments. In addition to having the potential to refine and process the data into information. IT is able to save the number and capacity far more than manual methods. Convergence with communications technology also enables health data be shared easily and quickly.

Applications medical history is an application that’s designed to record the patient's medical record, searching for patient information and provide integrated care for patients, so it is developing a data processing system with object-based programming (OOP / Object Oriented Programming) which handles the database so as to work will reduce the weaknesses and errors that exist in the old system.

For making these applications is using Visual Basic 6.0 application and DBMS integrated with a variety of data from the practice of Dr. Ariwibowo. This application can be used to process patient data, disease, and total payment of the practicing physicians

.

Key Words: data DBMS ,doctor, OOP, medic record

Downloads

Published

2015-11-30