Sistem Informasi Arsip Dokumen Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Manado

Authors

  • Ade Pattianakotta
  • Alicia A.E. Sinsuw
  • Arie S.M. Lumenta

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i7.10462

Abstract

Abstract — Letter archive of documents is very important in an office or company, especially the State Property Office and the auction. In the section on the assessment KPKNL Office has a vast archive of documents which form a very important assessment laroan. If the assessment report damaged or missing bad for KPKNL office, because Belief financial assessment is usually used for the auction of the goods at the office keperluang KPKNL. Remote document storage warehouse and inadequate for storing documents can make a quick assessment report damaged. Because it created a document archive information system to store files in the form of assessment reports that document the archive file is not easily damaged and lost ,, and to retrieve documents menghabisakan employees do not need a long time to improve the performance of employees in the office KPKNL, speeding up data processing work. To create the first archive information system is studying the existing system, then interviews with office workers KPKNL after the archive information system design, and the last impelemntasi infromasi system files that have been created. Once the archive information system created an increase in employment of empl1oyees.

Keywords: archival documents, assessment report,  information systems, office KPKNL

 

ABSTRAK

Surat arsip dokumen sangat penting dalam satu kantor atau perusahaan terutama Kantor  Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang. Di seksi penilaian pada Kantor KPKNL memiliki arsip dokumen yang sangat banyak berupa laroan penilaian yang sangat penting. Apabila laporan penilaian rusak atau hilang berdampak buruk bagi kantor KPKNL, karena laoran penilaian keuangan biasanya digunakan untuk keperluang lelang barang di kantor KPKNL. Gudang penyimpanan dokumen yang jauh dan kurang memadai untuk menyimpan dokumen dapat membuat laporan penilaian cepat rusak. Karena itu dibuatkan sistem informasi arsip dokumen untuk menyimpan arsip laporan penilaian dalam bentuk file sehingga dokumen arsip tidak mudah rusak dan hilang,, dan untuk mengambil dokumen pegawai tidak perlu menghabisakan waktu yang lama sehingga meningkatkan kinerja pegawai di kantor KPKNL, mempercepat kerja pengolahan data. Untuk membuat sistem informasi arsip yang pertama adalah mempelajari sistem yang sudah ada, kemudian wawancara dengan para pegawai kantor KPKNL setelah itu perancangan sistem informasi arsip, dan terakhir impelemntasi sistem infromasi arsip yang sudah dibuat. Setelah dibuatkan sistem informasi arsip terjadi peningkatan kerja dari pegawai.

Kata kunci : arsip dokumen, kantor KPKNL, laporan penilaian sistem informasi,

Downloads

Published

2015-12-21