Sistem Informasi Pendataan Aset Jemaat GMIM Getsemani Lansot Menggunakan CakePHP

Authors

  • Revaldo Sepang
  • Rizal Sengkey
  • Oktavian A. Lantang

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v5i1.11578

Abstract

Abstract-, Currently, the church is one of the organization with the most comprehensive data, whether it concerns the members or everything else. One of these is inventory system. The amount of data often becomes a challenge in and of itself. The Evangelical Church of Getsemani Lansot requires data to support their organizational performance. But problems often arise in which the data is inconsistent which affects the church. What I intend to do is to build an application that can handle the inventory data.

The development of this application uses the waterfall method. This method approaches the development systematically from assessing requirements to design, coding, and testing. Data is gathered both directly from its source and from related news and scientific articles.

Based on test results the data gathering of the church, the application has been designed to the requirements and is already being used regularly.


Keywords: Asset Assessment, CakePHP, church, information system.

Abstrak-. Untuk sekarang ini gereja merupakan salah satu bentuk organisasi atau lembaga yang memiliki data begitu komplit, Baik berkaitan dengan jemaat maupun potensi yang lainya. Salah satunya adalah data invetaris mulai dari yang bergerak maupun tak bergerak. Banyaknya data yang ada dalam gereja terkadang menjadi kendala tersendiri untuk gereja tersebut. Gereja GMIM Getsemani Lansot sarongsong tentunya memerlukan data untuk melengkapi data dari setiap aset  untuk di jadikan arsip di gereja guna untuk membantu tingkat kinerja dari gereja, namun masalah yang sering terjadi dalam hal ini salah satunya adalah pendataan aset gereja yang seringkali bermasalah di karenakan data aset tersebut seringkali hilang, tercecer, ataupun rusak. Hal itu memberi dampak buruk dalam instasi gereja. Tujuan saya membuat suatu aplikasi untuk pengisian data aset jemaat ini dapat sangat membantu buat kinerja instansi gereja tersebut, dalam hal ini aset gereja yang di maksud adalah alat-alat atau barang-barang yang digunakan di gereja seperti kursi, meja, mimbar ataupun perlengkapan yang berada di pastori atau pun kantor gereja.

Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode waterfall Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing / verification. Teknik penumpulan data menggunakan data primer yaitu Data yang diperoleh langsung dari sumbernya, dan Data sekunder ini dicari diluar dari perusahaan/lembaga / instansi, berupa materi-materi tentang IT, artikel-artikel, data dari jemaat dan sebagainya yang dapat menunjang perlengkapan dari penelitian.

Dari hasil pengujian sistem informasi pendataan aset jemaat GMIM Getsemani lansot yang telah di rancang sudah sesuai dengan kebutuhan fungsional dan tujuan penelitan. Hasil yang menampilakn informasi  data aset sudah bisa dilihat dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dari gereja sesuai dengan kebutuhannya.Dengan terpenuhinya semua kebutuhan fungsional sistem, maka tujuan dari penelitian telah terpenuhi yaitu membuat Sistem Informasi pendataan aset jemaat GMIM Getsemani lansot.

 

Kata Kunci : CakePHP, GMIM Getsemani, Pendataan aset, Sistem Informasi.

Downloads

Published

2016-03-24