Sistem Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Website (Studi Kasus Taipan Restoran)
DOI:
https://doi.org/10.35793/jtek.v6i4.23230Abstract
ABSTRAK
Bisnis restoran merupakan ragam bisnis yang sangat berkembang di indonesia saat ini. Untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis ini, pengusaha tidak hanya mengutamakan jenis makanan atau harganya saja, tetapi perlu juga mementingkan pelayanan yang di berikan. Pelayanan dan sistem pemesanan memberikan poin dan kesan tersendiri kepada pengunjung untuk datang ke restoran. Sistem pemesanan yang umum di gunakan di restoran adalah sistem pemesanan konvensional, dimana pelayan datang ke meja pengunjung untuk mencatat pesanan tersebut hal ini juga masi di terapkan di Taipan Restoran. Sistem ini dikatakan efektif pada restoran kecil, namun pada restoran dengan jumlah pembeli yang banyak, pelayan akan mendapat kesulitan dalam menangani pesanan, hal inilah yang menjadi dasar penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah membuat sistem pemesanan makanan dan minuman dengan menggunakan media internet yang dapat mengefisiensikan waktu bagi restoran dan pelanggan. Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah website yang bisa di akses oleh semua orang yang langsung mengirim pesanan ke meja koki dan kasir. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan pihak restoran dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.
Â
Kata kunci : Sistem pemesanan online, Taipan Restoran, Website, WordPress, WooCommerce,
Â
ABSTRACT
The restaurant business is a range of highly developed business in indonesia at the moment. To stay afloat in this business competition, employers not only give priority to this type of food or price alone, but should be also interested in services provided. Services and booking system gives points and its own impression to visitors to come to the restaurant. A common booking system in use at the restaurant is the conventional ordering system, where the waitress came to the table to record the order of visitors it is also applied in masi Taipan Restaurant. This system is said to be effective on a small restaurant, but at the restaurant with the amount many buyers, the waiter will have difficulties in handling orders, this became the basis of the study. Research conducted is to make food and beverage ordering system using internet media that can mengefisiensikan time for restaurants and customers. The results of this research the shape of a website which can be accessed by all who send orders directly to the desk of the chef and the cashier. From the results of such research are expected to party restaurant can improve the efficiency and quality of service
Â
Keywords: Online booking system, Taipan Restaurant, Website, WordPress, WooCommerce,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.