Pembuatan Utilitas Tambahan Pada Aplikasi Moodle

Authors

  • Laster Reppie
  • Sumenge T.G. Kaunang
  • Rizal Sengkey
  • Jimmy R. Robot

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v2i3.2710

Abstract

Abstract

In this real life, technology and information development is so fast. It may cause of human neccesary increase more and more day by day, that’s why they made many technology to make it easier for what to should do.

In world education was made a tools for learning, likes electronic learning and apllied already in some development country including  in indonesia.

Moodle is internet application using for one of electronic learning tools. No limits for space and time, really useful for teacher and student in teaching and learning process.

In this final project, module was added to moodle, and module that i’m added is VPL( Virtual Programming Lab). This module is very useful, especially for programing, because user can compiling a script has written in VPL module.

Keyword : eLearning, Moodle, Internet, VPL (Virtual Programming Lab)


Abstrak

Di zaman sekarang ini, perkembangan teknologi dan informasi sangat cepat. Itu di karenakan kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin hari semakin bertambah pula sehingga di ciptakaan teknologi-teknologi yang bermaksud untuk mempermudah dalam melakukan berbagai hal.

Dalam dunia pendidikan pula telah di ciptakan sarana pembelajaran eLearning atau electronic Learning yang sudah di terapkan pada beberapa Negara berkembang termasuk Indonesia.

Moodle merupakan aplikasi internet yang berfungsi sebagai salah satu media pembelajaran eLearning yang ada. Tanpa ada batasan ruang dan waktu, itu sangatlah bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa dalam melakukan proses belajar dan mengajar.

Dalam penulisan tugas akhir ini, telah dilakukan penambahan modul pada moodle, modul yang di tambahkan yaitu VPL(Virtual Programming Lab). Modul ini sangat berguna khusus untuk pemrograman, karena kita dapat melakukan pemrograman tanpa harus keluar dari link moodle ini sendiri.

Kata Kunci :          eLearning, Moodle, Internet, VPL(Virtual Programming Lab)

Author Biography

Laster Reppie

Downloads

Published

2013-10-02