Perbandingan Akses Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Daring dalam Penerapan Flipped Classroom

Authors

  • Daniel Febrian Sengkey Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi
  • Sary Diane Ekawati Paturusi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi
  • Alwin Melkie Sambul Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v9i1.28634

Keywords:

blended learning, flipped classroom, learning media, online learning

Abstract

Meskipun media pembelajaran sangat massif digunakan dalam pendidikan berbasis Teknologi Informasi, tetapi penelitian-penelitian tentang media pembelajaran masih menyisakan berbagai macam pertanyaan terkait penggunaan, preferensi mahasiswa dan efikasinya. Penelitian ini membahas 3 jenis media yang digunakan dalam 2 mata kuliah yang menerapkan flipped classroom. Media-media tersebut adalah teks dan gambar, rekaman slideshow dengan suara dari pengajar, dan rekaman slideshow dengan tampilan dari pengajar yang sementara menjelaskan. Artikel ini berfokus pada perbandingan jumlah akses serta durasi dari akses perdana relative terhadap jadwal kuliah dari ketiga media yang diteliti. Hasil penelitian ini menemukan media dengan teks dan gambar sebagai media yang relatif sering diakses. Di sisi lain, media dengan rekaman audio menjadi media yang umumnya diakses lebih awal dibandingkan kedua jenis media pembelajaran lainnya.

References

J. A. G. M. van Dijk, “Digital divide research, achievements and shortcomings,†Poetics, vol. 34, no. 4–5, pp. 221–235, 2006.

M. Aparicio, F. Bacao, and T. Oliveira, “An e-Learning Theoretical Framework,†J. Educ. Technol. Syst., vol. 19, no. 1, pp. 292–307, 2016.

J. L. Moore, C. Dickson-Deane, and K. Galyen, “e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?,†Internet High. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 129–135, Mar. 2011.

A. A. Okaz, “Integrating Blended Learning in Higher Education,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 186, pp. 600–603, May 2015.

S. Hubackova and I. Semradova, “Evaluation of Blended Learning,†Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 217, pp. 551–557, Feb. 2016.

A. A. Nugroho, “Pemanfaatan e-Learning sebagai Salah Satu Bentuk Penerapan TIK dalam Proses Pembelajaran,†Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 4, no. 2, Oct. 2008.

T. Usagawa and K. Ogata, “Potential of e-Learning for Enhancing Graduate and Undergraduate Education,†IPTEK J. Proceeding Ser., no. 1, pp. KS2-3-KS2-6, 2015.

S. D. E. Paturusi, Y. Chisaki, and T. Usagawa, “Development and Evaluation of the Blended Learning Courses at Sam Ratulangi University in Indonesia,†Int. J. e-Education, e-Business, e-Management e-Learning, vol. 2, no. 3, pp. 242–246, 2012.

S. D. E. Paturusi, T. Usagawa, and A. S. M. Lumenta, “A study of students’ satisfaction toward blended learning implementation in higher education institution in Indonesia,†in 2016 International Conference on Information & Communication Technology and Systems (ICTS), 2016, pp. 220–225.

R. Susilana and C. Riyana, Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: CV.Wacana Prima, 2009.

A. Kosasih and R. Angkowo, Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo, 2007.

T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik,†J. Ekon. dan Pendidik., vol. 8, no. 1, Apr. 2012.

J. Gutmann, F. Kühbeck, P. O. Berberat, M. R. Fischer, S. Engelhardt, and A. Sarikas, “Use of Learning Media by Undergraduate Medical Students in Pharmacology: A Prospective Cohort Study,†PLoS One, vol. 10, no. 4, p. e0122624, Apr. 2015.

O. Appiah, “Rich Media, Poor Media: The Impact of Audio/Video vs. Text/Picture Testimonial Ads on Browsers’Evaluations of Commercial Web Sites and Online Products,†J. Curr. Issues Res. Advert., vol. 28, no. 1, pp. 73–86, Mar. 2006.

L. E. Sherman, M. Michikyan, and P. M. Greenfield, “The Effects of Text, Audio, Video, and In-person Communication on Bonding between Friends,†Cyberpsychology J. Psychosoc. Res. Cybersp., vol. 7, no. 2, Jul. 2013.

M. P. Putri and S. Solfema, “The Relationship Between Variations in the Use of Learning Media and the Learning Activity of Citizens Learning,†Indones. J. Contemp. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 36–40, Feb. 2019.

C. T. Gozali, S. D. E. Paturusi, and A. M. Sambul, “Studi Preferensi Mahasiswa terhadap Jenis Media Pembelajaran Daring,†J. Tek. Inform., vol. 13, no. 4, pp. 39–46, 2018.

D. F. Sengkey, S. D. E. Paturusi, A. M. Sambul, and C. T. Gozali, “A Survey on Students’ Interests toward On-line Learning Media Choices (A Case Study from the Operations Research Course in the Department of Electrical Engineering, UNSRAT),†Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 146–152, Jun. 2019.

D. F. Sengkey, A. M. Sambul, and S. D. E. D. E. Paturusi, “Penilaian Mahasiswa terhadap Jenis Media Pembelajaran dalam Penerapan Flipped Classroom,†J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 8, no. 2, pp. 103–110, Aug. 2019.

D. F. Sengkey, S. D. E. Paturusi, and A. M. Sambul, “Identifying Students’ Pre-Classroom Behaviors in a Flipped Learning Environment,†J. Sustain. Eng. Proc. Ser., vol. 1, no. 2, pp. 143–149, Sep. 2019.

M. Dougiamas and P. Taylor, “Moodle: Using Learning Communities to Create an Open Source Course Management System,†in Proceedings of EdMedia + Innovate Learning 2003, 2003, pp. 171–178.

Downloads

Published

2020-06-18