Implementasi Smart Home Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android

Authors

  • kurnia syafitri Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Irma Salamah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • sholihin sholihin Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v9i2.29160

Keywords:

Android, Relay, Raspberry Pi, Smart phone, Smart home

Abstract

Smart Home adalah sebuah rumah yang memiliki sistem pengendali rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemilik untuk mengontrol peralatan elektronik rumah tangga seperti lampu dan kipas, bukan hanya mengontrol rumah saja tapi pemilik rumah bisa melihat keadaan lampu dan kipas dalam keadaan menyala atau tidak. Pengontrolannya adalah Android yang terhubung dengan Raspberry Pi 3 model B yang berfungsi sebagai server yang akan menghubungkan antara hardware dan software yang di kontrol melalui Android. Sistem saklar pada lampu dapat di gantikan menggunakan perangkat Relay dan di kendalikan melalui perangkat mikrokontroler sehingga dapat terhubung ke Android yang telah terinstal aplikasi Smart Home.

Author Biographies

kurnia syafitri, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Telekomunikasi

Irma Salamah, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Telekomunikasi

sholihin sholihin, Politeknik Negeri Sriwijaya

Teknik Telekomunikasi

References

Fauzan Masykur, Fiqiana Prasetiyowati. 2016. “Aplikasi Rumah Pintar (Smart Home) Pengendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Berbasis Webâ€. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK) 3(1): 51-58.

M. Dwisnanto Putro, Feisy D. Kambey. 2016 .â€Sistem Pengaturan Pencahayaan Ruangan Berbasis Android Pada Rumah Pintar†Jurnal Nasional Teknik Elektro Vol 5, No. 3.

Angger Dimas Bayu Sadewo, Edita Rosana Widasari, adharul Muttaqin. 2017. “Perancangan Pengendali Rumah Menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu komputer. Vol 1 No. 5.

Muhammad Muslihudin, Willy Renvillia, Taufiq, Andreas Andoyo, Fery Susanto. 2018. “Implementasi Aplikasi Rumah Pintar Berbasis Android Dengan Arduino Microcontroler†Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS) Vol 1, No. 1.

Vinsen Mulia. Pengertian Internet of Things. Departement Member Accouting. STIE BUDDHI.

Laili Wahyunita. 2015. Aplikasi “Homechat†Pada Aplikasi “Internet of Things Smartphone†Sebagai Komunikasi Peralatan Elektronik Rumah Tangga Dengan Manusia. Dept Math And Science. Gadjah Mada University. Yogyakarta. Indonesia.

Yurmana, Maya. 28 Maret 2014. “Pengontrolan Alat Elktronika Melalui Media Wifi Berbasis Raspberry Pi†, (Online), Vol 13.

Hartati, Sri Et Al. 2017. “Sistem Aplikasi Edukasi Stmik Pringsewu Berbasis Android Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi†Jurnal Teknosi UNAND 3(1): 143-52.

Darmawan, Hari, Faisal, Mohammad. 2015. “Rancang Bangun Home Automation Berbasis Web Menggunakan Raspberry Pi, (online).

Downloads

Published

2020-08-28