Analisis Perancangan Aplikasi Saran Pemberian Diskon dengan Metode K-Nearest Neighbor pada Usaha Percetakan

Authors

  • Rosalia Hadi Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Bagus Putra Sidhiantara Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v10i1.32634

Keywords:

k-Nearest Neighbor, Klasifikasi Data, Usaha Percetakan, Diskon, Parallel Processing

Abstract

Kehadiran teknologi kemudahan bagi masyarakat dalam mengelola bisnis mereka terutama pada usaha dagang. Point of Sale atau dikenal dengan nama POS merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mendukung salah satu proses bisnis pada sektor perdagangan tersebut. Hadirnya kemudahan dalam teknologi dalam bisnis perdagangan memicu munculnya banyak bisnis-bisnis baru. Hal ini menjadikan bisnis tersebut pun bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan potongan harga dengan tujuan menarik perhatian pelanggan yang sering diterapkan usaha percetakan. Ketika pemilik bisnis tersebut memberikan potongan harga, pemilik bisnis biasanya akan melakukan klasifikasi terhadap transaksi penjualan meliputi total harga penjualan hingga kuantitas barang yang dijual. Proses tersebut terlihat sederhana, namun sayangnya hal ini masih dilakukan secara manual dan belum dikalkulasi secara scientific. Penelitian ini membahas bagaimana merancang aplikasi yang dapat membantu memberikan saran diskon dengan klasifikasi data. Perancangan ini menggunakan metode SSADM dalam prosesnya dan memberikan bagaimana pararel processing digunakan. Penelitian ini menunjukan bahwa rancangan implementasi ini dapat dilakukan dan tergolong sederhana dalam implementasinya.

References

M. R. Roosdhani, P. A. Wibowo, and A. Widiastuti, "Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara," Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, vol. 9, no. 2, 2012.

C. Hines and A. Youssef, "Machine Learning Applied to Point-of-Sale Fraud Detection," in International Conference on Machine Learning and Data Mining in Pattern Recognition, 2018: Springer, pp. 283-295.

S. S. Utami, "Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis," Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, vol. 8, no. 1, 2012.

R. Y. Emor and A. S. Soegoto, "Pengaruh potongan harga, citra merek, dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen indomaret tanjung batu," Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 3, no. 2, 2015.

M. Rivki and A. M. Bachtiar, "Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor dalam Pengklasifikasian Follower Twitter yang Menggunakan Bahasa Indonesia," Jurnal Sistem Informasi, vol. 13, no. 1, pp. 31-37, 2017.

C. M. Ashworth, "Structured systems analysis and design method (SSADM)," Information and Software Technology, vol. 30, no. 3, pp. 153-163, 1988.

W. Yustanti, "Algoritma K-Nearest Neighbour untuk Memprediksi Harga Jual Tanah," Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, vol. 9, no. 1, pp. 57-68, 2018.

D. Sebastian, "Implementasi Algoritma K-Nearest Neighboruntuk Melakukan Klasifikasi Produk dari beberapa E-marketplace," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi p-ISSN, vol. 2443, p. 2210, 2019.

I. A. Nikmatun and I. Waspada, "Implementasi Data Mining untuk Klasifikasi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor," Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 2, pp. 421-432, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2021-04-23