Desain dan Implementasi Sistem Absensi Fingerprint di Jaringan Kampus dan Terintegrasi Dengan Sistem Informasi Terpadu UNSRAT

Authors

  • Karthika A. Ngantung
  • Meicsy E.I Najoan
  • Brave A. Sugiarso
  • Sary D.E. Paturusi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v3i1.4050

Abstract

Abstract

Improvements of discipline in the workplace is one of the deciding factors in the quality of Sam Ratulangi University, where attendance has become the main indicator of discipline. Currently, staff have been able to tamper with the attendance records by asking a colleague to sign the attendance record for them. They then sk      ip work and leave their responsibilities. The best solution to address the problem is to provide a fingerprint-based attendance system. With an efficient fingerprint-based attendance system on campus, staff can no longer manipulate attendance record the way they have been doing because every person has a different fingerprint.

The system has proved to yield more accurate attendance record and prevents tampering. The design and implementation of this fingerprint-based attendance system is done on top of Unsrat’s network and integrated into Unsrat’s information system. This is done to simplify supervision of the staff. The system also exponentially improves efficiency on attendance record recaps compared to the manual system.

Keywords : Attendance Record, Fingerprint, Network, Unsrat Integrated Information System.

 

Abstrak

Peningkatan disiplin kerja merupakan salah satu faktor pembentukan mutu pendidikan di Universitas Sam Ratulangi dimana masalah absensi sangat berpengaruh dalam peningkatan kedisiplinan. Saat ini pegawai masih sering memanipulasi absensi dengan menitipkan tanda tangannya ke pegawai yang lain sehingga pegawai tersebut cenderung bolos kerja dan tidak melaksanakan tanggung jawabnya dengan maksimal. Untuk itu perlu solusi yang baik dalam menanganinya yaitu dengan membangun sebuah sistem absensi sidik jari. Dengan adanya sistem absensi sidik jari yang efisien di jaringan kampus, pegawai tidak bisa lagi menitipkan tanda tangannya karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda.

Hasil dari pembuatan sistem ini adalah absensinya lebih akurat dan meminimalisir manipulasi absensi. Desain dan implementasi sistem absensi sidik jari ini dilakukan di jaringan kampus yang diintegrasikan dengan sistem informasi terpadu Unsrat hal mana dapat mempermudah pengontrolan absensi para pegawainya. Selain itu sistem absensi ini lebih praktis karena pencarian absen hanya melalui ID dan lebih hemat waktu berkali lipat dibandingkan sistem manual yang sebelumnya dimana rekapitulasi absensi bisa dilihat sesuai dengan rentang waktu yang diinginkan.

Kata Kunci    : Jaringan, Sidik Jari, Sistem Absensi, Sistem          Informasi Terpadu Unsrat.

Downloads

Published

2014-03-07