This is an outdated version published on 2023-01-05. Read the most recent version.

APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN TEMATIK BENDA DI SEKITAR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5

Authors

  • Waraney Patrio Langkun
  • Brave A. Sugiarso
  • Dringhuzen J. Mamahit

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v12i1.42845

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi sehingga memunculkan teknologi-teknologi yang baru salah satunya Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan objek 2D dan 3D ke dalam sebuah linkungan nyata secara langsung atau real-time. Bahkan media pembelajaran sekarang sudah menggunakan teknologi sebagai bagian dari pembelajaran karena Pendidikan merupakan sumber utama dalam pengembangan potensi sumber daya manusia terutama siswa, menurut data anak-anak usia 5 hingga 12 tahun merupakan pengguna paling banyak dalam memanfaatkan kemajuan media informasi dan teknologi pada saat ini.

Oleh karena itu aplikasi augmented reality ini dapat menjadi alternatif pembelajaran bagi para siswa sekolah dasar untuk meningkatkan keefektifitas belajar siswa. Metode pengembangan pada aplikasi ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah tersusunya suatu Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tematik Benda di Sekitar Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 5 berbasis aplikasi android yang dapat membantu pembelajaran disekolah.

Downloads

Published

2023-01-05

Versions