Realitas Tertambah Penggunaan Alat Selam Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.35793/jtek.v11i3.43813Abstract
Abstract - Diving is one of the activities favored by many people, many goals are carried out in diving, such as scientific diving, sports diving, or diving who wants to explore the underwater charm. Knowledge of the use of basic diving equipment must be known to avoid the risks that occur to beginners. The purpose of this study is to develop an android-based mobile software to be able to provide knowledge in the use of diving equipment to novice divers. In this research, a number of stages will be carried out namely Literature Study, Data Collection, System Design and Data Model, System Development and Data Processing, Testing and Evaluation.
Keywords – Application; Android; Augmented Reality; Sports; Diving.
Abstrak - Menyelam adalah salah satu aktivitas yang digemari oleh banyak orang, banyak tujuan yang dilakukan dalam penyelaman, seperti penyelaman ilmiah, penyelaman olahraga, maupun penyelaman yang ingin menjelajahi pesona bawah laut. Pengetahuan penggunaan alat – alat selam dasar harus diketahui untuk menghindari resiko yang terjadi kepada pemula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu perangkat lunak mobile berbasis android untuk dapat memberikan pengetahuan dalam penggunaan alat – alat selam kepada penyelam pemula. Di dalam penelitian ini akan dilaksanakan sejumlah tahapan yakni Studi Pustaka, Pengumpulan Data, Perancangan Sistem dan Model Data, Pembuatan Sistem dan Pengolahan Data, Pengujian dan Evaluasi. Hasil dari perancangan aplikasi yaitu aplikasi dapat berjalan dengan baik pada perangkat android dan dapat memberikan informasi tentang alat selam dan petunjuk penggunaan alat selam.
Kata kunci – Aplikasi; Android; Realitas Tertambah; Olahraga; Selam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yuri V. Akay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.