Pembelajaran Interaktif Bahasa Jepang untuk Siswa Kelas 10 Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.35793/jtek.v12i1.43849Abstract
Abstract — The rapid development of technology has now spread to all walks of life. Today's technology has become an inseparable need, many use it as a medium of introduction, learning, providing information and promotion. Japanese has unique letter characteristics, so it is very different from Indonesian, therefore students are expected to have a high memory in order to be able to achieve learning competency standards. However, each student has a different memory, as a result, efforts need to be made to improve he remembered. In the current technological developments there are media that can be used as an alternative to learning Japanese, namely Augmented Reality Technology which is expected to increase the effectiveness and interest of students in the learning process. The purpose of this research is to create an Augmented Reality application for Japanese interactive learning using Augmented Reality. This application is android-based, and was built using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, effectiveness in the learning process.
Key words— Augmented Reality, Interactive Learning, Japanese, 3D Objects.
Abstrak — Perkembangan Teknologi yang begitu pesat saat ini telah meluas pada semua kalangan. Teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan, banyak yang menggunakannya sebagai media pengenalan, pembelajaran, memberi informasi serta promosi. Bahasa Jepang memiliki karakteristik huruf yang unik, sehingga berbeda jauh dengan Bahasa Indonesia, oleh karena itu siswa diharapkan memiliki daya ingat yang tinggi agar mampu mencapai standar kompetensi belajar, Namun, setiap murid mempunyai daya ingat yg berbeda, sebagai akibatnya perlu dilakukan upaya untuk menaikkan daya ingatnya. Pada Perkembangan Teknologi saat ini ada Media yang dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif pembelajaran bahasa Jepang yaitu dengan Teknologi Augmented Reality yang diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan ketertarikan siswa dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini untuk membuat satu aplikasi Augmented Reality Pembelajaran interaktif Bahasa jepang menggunakan Augmented Reality. Aplikasi ini berbasis android, dan dibangun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan Hasil penelitian ini adalah Aplikasi Pembelajaran interaktif Bahasa jepang kelas 10 berbasis Augmented Reality yang diharapkan dapat membantu menunjang fasilitas selama proses belajar dan mengajar, baik guru maupun siswa, sehingga meningkatnya efektivitas dalam proses belajar.
Kata kunci —Augmented Reality, Bahasa Jepang, Objek 3D, Pembelajaran Interaktif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fiorginia Sweety Kalengkongan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.