Perancangan Sistem Pencegahan Flooding Data Pada Jaringan Komputer

Authors

  • Alva S.M. Tumigolung
  • Arie S.M. Lumenta
  • Arthur M. Rumagit

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i1.6520

Abstract

Abstrak - Suatu serangan ke dalam Server jaringan komputer dapat terjadi kapan saja. Baik pada saat administrator sedang kerja atupun tidak. Dengan demikian dibutuhkan sistem pertahanan didalam server itu sendiri yang bisa menganalisa langsung apakah setiap paket yang masuk tersebut adalah data yang diharapkan ataupun data yang tidak diharapkan. Kalau paket tersebut merupakan data yang tidak diharapkan, diusahakan agar komputer bisa mengambil tindakan yaitu dengan medeteksi IP dan memblokir IP target.

Pemodelan suatu sistem yang digunakan untuk mengatasi flooding data pada suatu jaringan. Sistem didesain dengan jalan membuat suatu sistem penditeksi  yang aktif yang bisa mendifinisikan setiap data yang masuk kedalam server, apakah data yang datang itu merupakan sebuah data flood atau data yang diperlukan oleh user. Pemodelan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Snort, dan IDS (Istrusion Detection System) dan dalam lingkungan jaringan komputer berbasis ip address.

Kata Kunci : BASE (Basic Analisis and Security System), Flooding Data, IDS (ISTRUSION DETECTION SYSTEM), Snort.

Abstract - An attack into Server of Computer network earn happened any time. Whether at the time of administrator is working or not. Thereby be required by a defender system in server of itself which the analysis can be direct whether every the incoming packet is expected data and or the data which is not expected. If the packet represent data which is not expected to be, afforded in order to the computer can bring an action against that is by detection and blockit the source of IP address of the origin packet.

Modelling of an used system to overcome flooding data at one particular network. Design of the system by way of making an active detection which can check every incoming data into server, whether that incoming data represent a data of flood or data that is needed by user.Modelling made by using Ianguage of Snort, and IDS (ISTRUSION DETECTION SYSTEM in environment of computer network base on ip address.

Keyword : BASE (Basic Analisis and Security System), Flooding Data, IDS (ISTRUSION DETECTION SYSTEM), Snort.

Downloads

Published

2014-01-19