Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet (Studi Kasus PT. Kawanua Internetindo Manado)

Authors

  • William S. Bobanto
  • Arie S.M. Lumenta
  • Xaverius Najoan

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i1.6782

Abstract

Abstrak - Pada jaman saat ini, kebutuhan akan internet sangatlah penting untuk mencari informasi dan juga dalam berkomunikasi. Untuk mendapatkan layanan internet maka kita harus menggunakan jasa layanan internet. Salah satu jasa layanan internet di kota Manado adalah PT. Kawanua Internetindo. Struktur jaringan internet yang diterapakan pada PT. Kawanua Internetindo adalah WLAN (Wireless Local Area Network). Namun sebagian besar pengguna jasa layanan internet tidak tahu bagaimana cara untuk mengetahui kualitas internet yang diberikan dari perusahaan jasa pelayanan internet langganan mereka.

Oleh karena itu dalam tugas akhir ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk menganalisa kualitas layanan jaringan internet atau QoS (Quality of Service) pada PT. Kawanua Internetindo. Parameter-parameter yang di ukur pada kualitas layanan jaringan internet antara lain bandwidth, throughput, delay, dan packetloss.

Kata Kunci : Besar Pita, Jaringan Lokal Media Nirkabel, Paket Hilang, Waktu Tunda

Abstract - In the current era, the need for the Internet is essential to seek information and also to communicate. To get internet service then we have to use the internet services provider. One of the internet services provider in the city of Manado is PT. Kawanua Internetindo.  Internet network structure applicable to the PT. Kawanua Internetindo is WLAN (Wireless Local Area Network). However, most users of internet services do not know how to determine the quality of a given Internet company Internet subscription services they.

Therefore, in this thesis will explain how to analyze Quality of Service at PT. Kawanua Internetindo. The parameters measured in the quality of Internet network services, among others bandwidth, throughput, delay, dan packetloss.

Keywords : WLAN (Wireless Local Area Network), QoS (Quality of Service), Bandwidth, Throughput, Delay, and Packetloss

Downloads

Published

2015-02-09