Pengendali Gerbang Berbasis Android

Authors

  • Andrey D. Ratulangi
  • Rizal Sengkey
  • Arie S.M. Lumenta

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i3.8128

Abstract

Abstrak

Remot kontrol sangatlah membantu dan mempermudah aktivitas sehari-hari, sehingga ponsel pintar bisa dimodifikasi untuk pengendalian barang-barang elektronik guna kebutuhan manusia. Karena ponsel pintar android bersifat open source sehingga pengembang aplikasi ini dapat melakukan dengan bebas dan bisa di modifikasi. Hal ini menumbuhkan minat developer software mobile untuk dapat membuat perangkat lunak yang bermanfaat dalam kebutuhan manusia. Teknologi di dunia robotika saat ini sangat berkembang pesat dan semakin maju seiring perubahan waktu. Dalam sistem kendali permasalahan interfacing untuk mengontrol yang selalu dapat menjadi persoalan, sedangkan penggunaan kabel untuk mengontrol dipandang kurang efektif dan efisien.

Dalam Tugas Akhir ini bertujuan membuat aplikasi ponsel pintar berbasis android sebagai pengendali buka tutup gerbang dengan memanfaatkan Bluetooth dan menjadikan android sebagai perangkat selular yang multifungsi, di samping alat komunikasi tapi juga sebagai perangkat yang dikomunikasikan untuk mengendalikan sebuah perangkat keras.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan developer. Aplikasi yang dibuat dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi Android, dengan resolusi layar dan hardware yang berbeda-beda tiap perangkat Android. Komunikasi data robot dengan ponsel berjalan dengan baik dan data yang dikirim dapat diproses oleh gerbang secara realtime dengan waktu transfer kurang dari 1 detik pada kondisi sinyal yang berbeda-beda. Jarak jangkau sistem aplikasi kendali dapat mengontrol gerbang tergantung spesifikasi perangkat wireless gerbang yang digunakan baik dari sisi penerima dan pengirim.

Kata Kunci : Android, Antarmuka, Arduino, Bluetooth, Pengembang Perangkat Lunak Ponsel, Pengendali

Abstract

Remote control is very helpful and simplify daily activities, so that smart phones can be modified to control electronic goods for human needs. Because the Android’s smart phone is an open source, the application developers can modify it freely. This growing interest in mobile software makes the developers create a software that can be useful in human needs. Robotics technology in the world today is growing rapidly and increasingly advanced as time changes. In a control system for controlling the interfacing problems can always be a problem, while the use of cables to control is considered less effective and efficient.

This Final Project aims to create an Android-based smart phone applications as controlling the opening and closing of gates by utilizing Bluetooth and make the android as multifunctional mobile devices, not only as a communication tool but also as a device that is communicated to control a hardware device.

Based on the results of tests performed, the system can work well in accordance with the objectives developer. Applications that has been created can run on different types of Android operating system, with different screen resolution and hardware for each Android device. Data communication with a mobile robot goes well, and the data which has been sent can be processed by the gate in a realtime, with a transfer time of less than 1 second on a different signals condition. The range control system can control the gate application depends on specifications of the wireless gateway used, both from the recipient and the sender.

Key Words : Android, Arduino, Bluetooth, Control, Developer software mobile, Interfacing

Downloads

Published

2015-05-10