Perancangan Routing Protocol Di Jaringan PT. Kawanua Internetindo

Authors

  • Allen A. Josten
  • Meicsy E.I. Najoan
  • Pinrolivic D.K. Manembu

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i4.8568

Abstract

Abstrak - Internet telah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia di jaman sekarang ini oleh karena berbagai fungsi dan kegunaannya. Untuk bisa menggunakan internet, para pengguna harus memiliki perangkat komunikasi yang mendukung koneksi internet dan dikoneksikan dengan penyedia layanan internet. Di Manado Sulawesi Utara terdapat salah satu perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet yaitu, PT. Kawanua Internetindo. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan internet, tuntutan akan sebuah koneksi jaringan yang stabil dan handal merupakan tantangan bagi perusahaan di era persaingan saat ini.

Oleh karena itu pada tugas akhir ini akan dilakukan perancangan routing protocol di PT. Kawanua Internetindo yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pada sistem jaringan tersebut. Kriteria performansi yang di ujicoba dalam routing protocol ini antara lain ping, traceroute, router cpu usage dan router memory usage.

Kata Kunci : Penggunaan CPU Router, Penggunaan Memori Router, Ping, Traceroute

 

Abstract - Today internet has become a necessity for people because of the various functions and usefulness. To be able to use the internet users must have a communication device which is supports internet connections and connected with the internet service provider. In Manado, North Sulawesi there is one company that provide internet services, namely PT. Kawanua Internetindo. As a company that running in internet services, the demand for a network connection that is stable and reliable, is a challenge for companies in this era of competition.

Therefore, in this final project will be make a design of the routing protocol in PT. Kawanua Internetindo which is expected to improve the quality of service on the network system. Performance criteria are tested in routing protocols include ping, traceroute, router cpu usage and router memory usage.

Keywords : Ping, Router CPU Usage, Router Memory Usage, Traceroute

Downloads

Published

2015-06-29