Animasi 3D Sosialisasi Penanganan Rabies pada Masyarakat dengan Waterfall yang disederhanakan

Authors

  • Leonardi Y. Rotinsulu
  • Hans F. Wowor
  • stanley D.S. Karouw

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i4.8970

Abstract

Abstrak – Dinas Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan adalah dinas yang bergerak dibidang pertanian, kehutanan dan ketahanan pangan, dengan program kerja yaitu memberikan sosialisasi pada masyarakat dalam sosialisasi yang diberikan kurang menarik. Multimedia menjadikan kegiatan membaca itu dinamis dengan memberikan dimensi baru pada kata-kata. Multimedia juga dapat menghidupkan teks, bunyi, gambar, musik, animasi dan video. Animasi 3D Sosialisasi Penanganan Rabies Pada Masyarakat dengan Waterfall yang Disederhanakan, didasarkan pada ide dan proses sosialisasi yang mendukung kegiatan produksi film animasi 3D, produksi film animasi 3D menggunakan kerangka penilitian waterfall yang disederhanakan. Software yang digunakan: audacity, avidemux, blender, makehuman, dan photoshop. Objek-objek yang telah selesai dibuat akan ditata sesuai kebutuhan adegan, animasi  dilakukan dengan proses rigging serta skinning pada objek karakter. Animasi yang telah dibuat akan dirender, render berupa potongan-potongan adegan dalam bentuk video. Untuk jalannya audio disesuaikan dengan jalannya video. Setelah semua potongan – potongan adegan video sudah dilengkapi dengan audio. Penggabungan adegan – adegan video, menghasilkan keluaran video animasi 3D secara keseluruhan.

Kata Kunci : Adegan, Animasi 3D, Multimedia, Rabies, Waterfall

Abstract - Dinas Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan is the departments that are moving forward in agriculture , Forestry and Food Security , program that provides socialization in the community in the socialization provided less attractive. Multimedia made reading dynamic by giving a new dimension to words. Multimedia also can animate text, sound, picture, music, animation and video. Animasi 3d sosialisasi penanganan rabies pada masyarakat dengan waterfall yang disederhanakan, based on idea and socialization process that supported the production of 3D animation movie, the production of 3D animation movie using simplified waterfall research framework.

Software used : audacity, avidemux, blender, makehuman, and photoshop. The finished objects will be laid out according to the needs of the scene, the animation is done by rigging and skinning process to the character object. The finished animation will be rendered, the pieces scenes will be rendered into video. For the audio course will be adapted into the video course. After all the pieces of the video scene equipped with audio. The video scenes merged, produce video output as a whole 3D animation.

Keyword : Scene, Animasi 3D, Multimedia, Rabies, Waterfall

Downloads

Published

2015-08-10