Pemanfaatan Aplikasi Open Source Untuk PUSKESMAS

Authors

  • Tri C. Rante
  • Arie S.M. Lumenta
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i4.9049

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat seperti sekarang ini, semakin mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia mulai dari individu, sampai pada organisasi yang besar tidak luput dari menggunakan teknologi komputer. Teknologi komputer sangat membantu manusia dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam lingkup tanggung jawab pekerjaannya. Puskesmas Koya Kabupaten Minahasa mempunyai kendala dalam mengolah informasi pasien mereka. Kendala-kendala yang dialami misalnya : rekam medik yang dilakukan masih secara manual.  Keterbatasan yang dialami oleh sistem yang lama maka dikembangkanlah sistem pengolahan data yang memanfaatkan open source sebagai basis pengembangan sistem. Open source dipilih karena sifatnya yang terbuka, dapat digunakan oleh siapa saja dan gratis. Hal ini penting karena biasanya faktor biaya dalam pengembangan suatu sistem informasi banyak menjadi kendala.

Program aplikasi ini berhasil dibuat dan menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak yang memerlukan. Juga menyediakan data dengan begitu akurat serta proses pengambilan data yang cepat dan tepat, termasuk didalamnya untuk mengambil data rekam medik dan pelaporannya.

Katakunci : Open Source, Puskesmas, Sistem Informasi, Teknologi Komputer

Abstract

The computer technology is grow very rapidly, it is increasingly affecting all aspect of human life from individual to large organizations. They are affected by the use of computer technology. A computer technology greatly help people in making the right decisions relating to their job responsibilities. The Health Center of Koya, Minahasa Regency has difficulties inprocessing information of their patients. Constraints experienced by the center for example: medical records still done manually. Because of the system limitations, a data processing system that utilizes open source as a basis for the system is developed. Open source is chosen because it is open, used by anyone and it is free. This is important because cost factor usually become obstacle in the development of an information system.

This program was succesed to build with some usefull informations that can be used by medic. It’s not only  provide data so accurate with the retrieval of data quickly and accuratel but also at medical records and reports.

Keywords : Computer Technology, Health Center, Information Systems, Open Source.

Downloads

Published

2015-08-11