Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Kantor Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa

Authors

  • Stefanus R. Canon
  • Hans F. Wowor
  • Oktavian A. Lantang

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v4i5.9990

Abstract

Abstract - The need for information systems keeps growing recently. This is due to the fact that information systems provide convenience in processing and displaying the required data. This enables more efficient workflow and more accurate information. Information systems have been used in profit-oriented corporations and in organizations.

In an organization, information systems are required to process the organization’s internal data, such as employment data. In this scope, the system acts as a database for every employee. With the existence of such system, it is expected that a complete and concise data about each employee can be accessed conveniently. Such system also minimalizes data loss risks. The system will also benefits stakeholders and parties of interests that need employee data.

Keywords : Database, Employment, Information,  Information System.

Abstrak - Kebutuhan akan Sistem Informasi terus mengalami peningkatan dewasa ini, hal ini terjadi karena penggunaan SI dapat memberikan banyak kemudahan, baik dalam mengolah data maupun dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan. Dan hal ini tentunya akan membuat proses kerja lebih cepat, efisien, dan informasi yang didapatkan lebih lengkap dan akurat. SI telah digunakan baik di perusahaan profit maupun dalam organisasi.

Dalam suatu organisasi, selain dibutuhkan SI yang dapat mempercepat proses kerja harian pada umumnya, SI juga dibutuhkan dalam hal pengolahan data internal organisasi itu sendiri, misalnya data kepegawaian. SI dalam lingkup ini bertugas sebagai pusat database setiap pegawai yang ada, yang meliputi informasi-informasi penting mengenai tiap personil tersebut. Terlebih lagi jika organisasi tersebut memiliki banyak pegawai dan pihak lain yang berhubungan, maka dengan adanya Sistem Informasi Kepegawaian, diharapkan pihak yang membutuhkan dapat memperoleh data setiap pegawai dalam organisasi tersebut dengan cepat dan lengkap, selain itu resiko kehilangan data dapat diminimalisir. SI yang terintegrasi tersebut tentunya akan mempercepat kerja bagian kepegawaian, juga pemangku kepentingan lainnya yang memerlukan informasi mengenai pegawai yang ada.

Kata kunci : Database, Informasi, Kepegawaian, Sistem Informasi.

Downloads

Published

2015-11-05