DAYA TARIK WISATA, CITRA DESTINASI DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA PANTAI KENZO DESA KOMBI
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.40645Abstract
Keputusan berkunjung konsumen pada suatu objek wisata merupakan hal yang penting dalam eksistensi suatu objek wisata. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Kenzo Desa Kombi. Keputusan berkunjung adalah proses keputusan dimana pengunjung benar-benar memutuskan untuk berkunjung dan menikmati objek atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung pantai Kenzo Kolongan Kecamatan Kombi yang berjumlah 11.113 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 99 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan daya tarik wisata secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. Citra destinasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung. Serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa daya tarik wisata, citra destinasi dan electronic word of mouth secara bersama – sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan berkunjung pada objek wisata Pantai Kenzo Kolongan Kecamatan Kombi. Saran yang dapat diberikan adalah Pantai Kenzo sebaiknya semakin memperhatikan daya tarik wisata yang ada karena memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung.
Â
Kata Kunci: daya tarik wisata, citra destinasi, electronic word of mouth, keputusan berkunjung