Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Super Market Trufarm Kota Manado

Authors

  • Gracia Shalom Aseng Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Nordy Fristgerald Lucky Waney Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Charles Reijnaldo Ngangi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado

Keywords:

keputusan, konsumen, sayuran organik, sosial ekonomi, keluarga, kualitas, lokasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik di Super Market Trufarm Kota Manado. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan responden. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka penelitian terdahulu seperti google, jurnal dan buku. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental. Jumlah sampel yang akan diteliti yaitu sebanyak 100 orang yang dimana sebagian tidak sepenuhnya mengambil keputusan dalam membeli sayuran organik di mana sebagian konsumen yang membeli sayuran organik merupakan pesanan oleh orangtua ataupun keluarga dalam memutuskan membeli sayuran organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran organik di Super Market Trufarm adalah faktor sosial ekonomi (X1), faktor keluarga (X2), faktor kualitas (X3) dan faktor lokasi (X4).

References

Bairizki, A. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD Ratna Cake dan Cookies). Jurnal Valid, 14(2): 71-86.

Hamka, E., Mahmud, A., Ma'mun, S. R., Bubun, R. L., & Tamtama, A. 2018. Sistem Organik Untuk Pengembangan Pertanian Organik di Desa Lamomea Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Dedikasi, 15(7): 62-70.

Lempoy. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blacberry Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Singaperbangsa Kaeawang. Jurnal Manajemen, 9(4): 854-862.

Mayrowani, H. 2012. Pengembangan Pertanian Organik Di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30(2): 91-108.

Parlyna, R., & Munawaroh. 2011. Konsumsi Pangan Organik: Meningkatkan Kesehatan Konsumen. Jurnal Econosains, 9(2): 157-165.

Suryani, T. 2012. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Aseng, G. S., Waney, N. F. L., & Ngangi, C. R. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Super Market Trufarm Kota Manado. AGRI-SOSIOEKONOMI, 21(3), 1089 – 1096. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jisep/article/view/64314