Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik Di Super Market Trufarm Kota Manado
Keywords:
keputusan, konsumen, sayuran organik, sosial ekonomi, keluarga, kualitas, lokasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik di Super Market Trufarm Kota Manado. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan responden. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka penelitian terdahulu seperti google, jurnal dan buku. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental. Jumlah sampel yang akan diteliti yaitu sebanyak 100 orang yang dimana sebagian tidak sepenuhnya mengambil keputusan dalam membeli sayuran organik di mana sebagian konsumen yang membeli sayuran organik merupakan pesanan oleh orangtua ataupun keluarga dalam memutuskan membeli sayuran organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran organik di Super Market Trufarm adalah faktor sosial ekonomi (X1), faktor keluarga (X2), faktor kualitas (X3) dan faktor lokasi (X4).
References
Bairizki, A. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD Ratna Cake dan Cookies). Jurnal Valid, 14(2): 71-86.
Hamka, E., Mahmud, A., Ma'mun, S. R., Bubun, R. L., & Tamtama, A. 2018. Sistem Organik Untuk Pengembangan Pertanian Organik di Desa Lamomea Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Dedikasi, 15(7): 62-70.
Lempoy. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blacberry Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Singaperbangsa Kaeawang. Jurnal Manajemen, 9(4): 854-862.
Mayrowani, H. 2012. Pengembangan Pertanian Organik Di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30(2): 91-108.
Parlyna, R., & Munawaroh. 2011. Konsumsi Pangan Organik: Meningkatkan Kesehatan Konsumen. Jurnal Econosains, 9(2): 157-165.
Suryani, T. 2012. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gracia Shalom Aseng, Nordy Fristgerald Lucky Waney, Charles Reinhart Ngangi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright holder is the authorl.Â



