Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe Kopi Dari Hati Bitung
Keywords:
promosi, kualitas produk, harga, kepuasan konsumen, regresi linear bergandaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Dari Hati Bitung. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Pengambilan sampel dilakukan selama 1 minggu, dari hari senin sampai hari sabtu dengan rata-rata pengunjung perminggunya 100 dengan menggunakan rumus Slovin maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,742 menunjukkan bahwa 74,2% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Indikator promosi yang paling dihargai konsumen adalah promosi yang menarik, sedangkan kesegaran bahan baku merupakan indikator utama dari kualitas produk. Di sisi lain, persepsi negatif terhadap harga menunjukkan bahwa konsumen merasa harga yang ditawarkan belum sepenuhnya sesuai dengan nilai produk. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi promosi yang efektif, jaminan kualitas produk yang konsisten, serta kebijakan harga yang selaras dengan ekspektasi konsumen untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
References
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Patria, E. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Bisnis dan Manajemen. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Pratama, A. Z., & Prabandari, S. P. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Eiger Di Malang. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(3): 1–15.
Puspa, R., & Hardiyanti, N. Y. 2021. Coffee Culture Di Indonesia: Pola Konsumsi di Era Modern. Jurnal Media Komunikasi, 1(2): 93-106.
Sunyoto, D. 2014. Dasar-Dasar Manajemem Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggie Chantika Zefanya Nongka, Melissa Lady Gisela Tarore, Lyndon Reinhart Jacob Pangemanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright holder is the authorl.Â



