Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe Kopi Dari Hati Bitung

Authors

  • Anggie Chantika Zefanya Nongka Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Melissa Lady Gisela Tarore Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Lyndon Reinhart Jacob Pangemanan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado

Keywords:

promosi, kualitas produk, harga, kepuasan konsumen, regresi linear berganda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Kopi Dari Hati Bitung. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling. Pengambilan sampel dilakukan selama 1 minggu, dari hari senin sampai hari sabtu dengan rata-rata pengunjung perminggunya 100 dengan menggunakan rumus Slovin maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,742 menunjukkan bahwa 74,2% variasi kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Indikator promosi yang paling dihargai konsumen adalah promosi yang menarik, sedangkan kesegaran bahan baku merupakan indikator utama dari kualitas produk. Di sisi lain, persepsi negatif terhadap harga menunjukkan bahwa konsumen merasa harga yang ditawarkan belum sepenuhnya sesuai dengan nilai produk. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi promosi yang efektif, jaminan kualitas produk yang konsisten, serta kebijakan harga yang selaras dengan ekspektasi konsumen untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Patria, E. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Bisnis dan Manajemen. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Pratama, A. Z., & Prabandari, S. P. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Eiger Di Malang. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(3): 1–15.

Puspa, R., & Hardiyanti, N. Y. 2021. Coffee Culture Di Indonesia: Pola Konsumsi di Era Modern. Jurnal Media Komunikasi, 1(2): 93-106.

Sunyoto, D. 2014. Dasar-Dasar Manajemem Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Nongka, A. C. Z., Tarore, M. L. G., & Pangemanan, L. R. J. (2025). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe Kopi Dari Hati Bitung. AGRI-SOSIOEKONOMI, 21(3), 1149 – 1158 . Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jisep/article/view/64323