PERANAN CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.48853Abstract
Abstract. This study aims to test and analyze whether brand image and product quality affect consumer purchasing decisions. This type of research is qualitative research which uses a purposive sampling method and is distributed through questionnaires. The target population of this research is Samsung cell phone users. The sample used was students at the Business Faculty of Management Department of Maranatha Christian University. Validity and reliability tests, classical assumptions, multiple linear regression and F tests were performed on the collected data. The conclusion is that product image and product quality have an influence on purchasing decisions.
Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis apakah citra merek dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana menggunakan metode purposive sampling dan disebarkan melalui kuesioner. Target populasi dari penelitian ini adalah pengguna ponsel Samsung. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa di Fakultas Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji F dilakukan terhadap data yang terkumpul. Kesimpulannya adalah bahwa citra produk dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
References
Aeker, D and Keller.,2000. Brand Utility, Telaah Manajemen, Vol 1, Edisi 2, 2004, Semarang.
Adli Pasha Ashari, Hardiyono Hardiyono, Nurul Fadilah Aswar (2020) Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Makassar
Al-arif, M.Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta
Ariani, D.W. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Arumsari , Dheany. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908
Gaspersz, Vincent. 2008. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Iradawaty, S. N., & Airlangga, I. B. (2021). Brand Equity, Brand Image Terhadap Customer Value Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36200
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Muchlisin Riadi.2020. “Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif dan Tingkatan)”.
Muhammad Syariful Anam, Dian Luthvita Nadila, Tara Ayu Anindita, Rina Rosia (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra
Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nopi Nurlaila, Winda Nadya Nainggolan, Nurlinda (2021) Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Pada Witel Medan
Rahmawati, A., Sugandini, D., & Istanto, Y. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Attitude Loyalty Dan Behavioral Loyalty Yang Dimediasi Oleh Emotional Experience Pada Pengguna Mobile Application Shopee (Studi Kasus Di Yogyakarta). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36740
Rizal Angga Setiawan, Muhajirin (2022) Analisis Perbandingan Brand Equty Dan Strategi Promosi Pada Produk Smartphone Samsung Dengan Oppo
Ribka Grace Kelly Manafe, Lydia Goenadhi (2020) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lip Cream Merek Makeover
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Schiffman, Le on G. And Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. Fifth Edition, Prentice-Hall Inc. New Jersey
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.