PERANAN KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI E-COMMERCE SHOPEE MAHASISWA KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54240Abstract
Purchasing decisions play a major role in e-commerce. One of the factors that influence them is trust, convenience and information quality. The research conducted aims to investigate, test and analyze the role of trust, convenience and information quality factors in purchasing decisions. Using the causal explanation method and non-probability sampling, the population and samples used were students in Bandung City who purchased from Shopee e-commerce. Using SPSS 26 with validity test, reliability test and classical acceptance test, it was found that trust, convenience and information quality have a positive and significant effect on purchase decisions.
References
Asri Saras Sati, R., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card).
Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. In Journal of Applied Business Administration (Vol. 2, Issue 1).
Davis, F. D. (1989). Perceive Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly Vol 13 (3) : 319-340.
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Jurnal Manajemen STEI Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. BPJP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 03(02). www.bi.go.id/id/statistik
Gefen, D. , K. E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Intergrated Model, MIS Quarterly, 27(1), 51-90.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hadiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Skripsi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponogero.
Hartono, B. (2013). Sistem Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurusan, A., Bisnis, A., & Semarang, P. N. (2016). E-Commerce Sederhana untuk Mendukung Wirausaha Ibu Rumah Tangga. In Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora (Vol. 16, Issue 1).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey : Prentice.
Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107
Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc).
Mulyadi, A., Eka, D., & Naills, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada.
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.
Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama. .
Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.403
Subagyo, Tukidi, & WV, I. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Shopee.
Sugiyono. (2018). Metode Peneliitian Bisnis.
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of The Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.
Winadi, A. A., Tyas, P., Nurhasanah, N., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan Pada Situs Jual Beli Online. Jurnal Ekonomi 10 (1)