PERANAN ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA (OZZIE MOTOR)
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i3.58778Abstract
The increasing use of e-commerce to carry out online buying and selling transactions has an impact on business activities in Indonesia. DKI Jakarta, West Java and the Special Region of Yogyakarta are the three provinces with the largest business activities using e-commerce in Indonesia (E Commerce Statistics; 2021). Research by Zheng & Jin (2016) shows that seller reputation in e-commerce influences consumer decisions in choosing products. To decide to buy online, there are usually many considerations such as: product reviews, convenience, trustworthiness and product price. This research aims to determine the role of product reviews, convenience, trust and price on purchasing decisions for one of the automotive industry players, namely Ozzie Motor, which markets digitally using Tokopedia e-commerce.
Key Words: Product Reviews, Convenience, Trust, Price, Purchase Decisions.
References
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143.
Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Teknologi, 4(1), 14-22.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing 17th ed. London : Pearson Education. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.
Langton, N. Robbins, P, S. Dan Judge, A, T. 2016. Organizational Behaviour. Seventh Canadian Edition.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). AtTijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26-39.
Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Saripa. 2019. Pengaruh Ulasan Dan Penilaian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tokopedia (Studi Kasus 3 Kecamatan Dikota Makassar). Skripsi. Sekolah Tinggi Ekonomi Nobel Indonesia.
Spink, A. (2002). From E-Sex to E-Commerce : Web Search Changes. (March), 107– 109.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Teori & Implementasi, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r & d. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
Tanjaya, S. C., Mananeke, L. L., & Tawas, H. N. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan Dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape Di Instagram. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).
Tangngisalu, J., & Jumady, E. (2020). Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi: Hubungan Asimetri Informasi Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan LQ 45. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1)
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Zheng, W., & Jin, L. (2016). A Consumer Decision-Making Model in MCommerce: In Information Resources Management Journal (Vol. 29). https://doi.org/10.4018/IRMJ.2016040103.