ANALISA PELAKSANAAN LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG MANADO

Penulis

  • iwan susanto UNSRAT
  • Agnes L.Ch.P. Lapian Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Mauna Th.B. Maramis Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/jpekd.45992.24.4.2023

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan lelang (laku/ tidak laku) untuk objek lelang property riil yang berasal dari lelang eksekusi Hak Tanggungan di KPKNL Manado. Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya tingkat keberhasilan lelang eksekusi Hak Tanggungan di KPKNL Manado, yaitu sekitar 10% s.d 13%. Dengan adanya keberhasilan pelaksanaan lelang, akan meningkatkan pengembalian kepada negara yang berasal dari hasil penjualan lelang serta penerimaan negara dalam bentuk bea lelang, pajak penghasilan yang berasal dari pasal 25 dan BPHTB.

Data  pendukung penelitian  berupa laporan risalah  lelang  eksekusi  hak  tanggungan  di KPKNL Manado. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, faktor lokasi, aksesibilitas, penyelenggaran pra lelang dan cara penawaran lelang secara bersama – sama berpengaruh terhadap keberhasilan lelang di KPKNL Manado.

 

Kata kunci:  keberhasilan pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan (laku/tidak laku), properti riil, hasil lelang, lokasi, aksesibilitas, penyelenggaran pra lelang dan cara penawaran lelang

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-01