PENGARUH LOGAM BERAT TIMBAL TERHADAP PERTUMBUHAN ALGA Halimeda opuntia YANG DIKULTUR DALAM WADAH TERKONTROL

Authors

  • Kristi Aji Sugiarto USRAT Manado
  • Desy MH Mantiri UNSRAT Manado
  • Nickson J Kawung UNSRAT Manado
  • Rizald M Rompas UNSRAT Manado
  • Sandra O Tilaar UNSRAT manado
  • Adnan Wantasen UNSRAT Manado

DOI:

https://doi.org/10.35800/jplt.8.3.2020.32239

Abstract

Heavy metal is a very dangerous pollutant waste for it cannot be destroyed (non-degradable) and over time it will accumulate in the ocean. This study aims to determine the lead content in sediment, water and algal thallus as well as to determine the algae growth that has been treated with lead. The research method used was a completely randomized design (CRD) which consisted of 3 treatments, using different treatments for each sample. The highest metal content obtained in the sediment was 5,124 ppm, in the water was 0.120 ppm, and in the algae thallus was 4,816 ppm respectively. The results showed that Halimeda opuntia algae can grow even in an environment contaminated with lead heavy metal and can become a bioremediation agent by absorbing lead heavy metal.

 

Keywords: Halimeda opuntia, Lead Heavy Metal, Algae Culture, Bioremediation

 

            Logam berat merupakan salah satu limbah pencemar yang sangat berbahaya karena tidak dapat dihancurkan (non degradable) dan dapat terakumulasi di perairan laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan timbal pada sedimen, air dan thallus alga yang dikultur serta mengetahui pertumbuhan alga yang telah diberi perlakuan timbal. Metode penelitian mengunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan, dengan menggunakan perlakuan yang berbeda pada tiap sampel dan kontrol. Kandungan logam tertinggi yang didapatkan pada sedimen yaitu sebesar 5,124 ppm, pada air sebesar 0,120 ppm, dan pada thallus alga sebesar 4,816 ppm. Hasil yang diperoleh yaitu alga Halimeda opuntia dapat bertumbuh walaupun dalam lingkungan yang tercemar logam berat timbal serta mampu menjadi agen bioremediasi dengan menyerap logam berat timbal.

 

Kata kunci: Halimeda opuntia, Logam BeratTimbal, Kultur Alga, Bioremediasi

Author Biographies

Kristi Aji Sugiarto, USRAT Manado

Program Studi Ilmu Kelautan

Desy MH Mantiri, UNSRAT Manado

Program Studi Ilmu Kelautan

Nickson J Kawung, UNSRAT Manado

Program Studi Ilmu Kelautan

Rizald M Rompas, UNSRAT Manado

Prgram Studi Ilmu Kelautan

Sandra O Tilaar, UNSRAT manado

Program Studi Ilmu Kelautan

Adnan Wantasen, UNSRAT Manado

Program Studi MSP

Downloads

How to Cite

Sugiarto, K. A., Mantiri, D. M., Kawung, N. J., Rompas, R. M., Tilaar, S. O., & Wantasen, A. (2020). PENGARUH LOGAM BERAT TIMBAL TERHADAP PERTUMBUHAN ALGA Halimeda opuntia YANG DIKULTUR DALAM WADAH TERKONTROL. JURNAL PESISIR DAN LAUT TROPIS, 8(3), 17–26. https://doi.org/10.35800/jplt.8.3.2020.32239