PERILAKU PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD TAHUN 2013 (Studi Tentang Efektivitas Kampanye)

Authors

  • Rianto Pusida
  • Agustinus Pati
  • Trintje Lambey

Abstract

Salah satu hak politik yang dimiliki rakyat adalah hak memberikan suara pada saat pemilihan umum berlangsung, untuk mengembalikan kedaulatan ke tangan rakyat, sistem pemilu telah diubah dengan sistem yang memberi peluang kepada rakyat untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara langsung, sehingga hal ini membentuk suatu karakter rakyat dalam memilih dalam perilaku pemilih, penelitian ini bertujan untuk mengetahui mengetahui dan menganalisis hubungan antara efektivitas kampanye perilaku pemilih di Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2013, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode yang umumnya digunakan pada pendekatan kualitatif, yaitu observasi wawancara degan informan, studi dokumen, analisis data ini dilakukan sepanjang penelitian ini berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan psikologis merupakan juga masih menjadi pendekatan yang efektif untuk memenangkan suara masyarakat dimana kedekatan seseorang dengan kandidat menjadi bahan kampanye bagi pasangan calon. Keterikatan kandidat dengan pemilih ini menjadi momok yang luar biasa di tengah-tengah demokrasi modern sekarang ini. Dimana pemilih akan memilih hanya berdasarkan kedekatan dengan seorang kandidat atau dengan kata lain pemilih akan menjatuhkan pilihannya karena pemilih kenal atau dekat dengan kandidat. Melalui pendekatan rasional, merupakan salah satu pendekatan yang menjadi kunci kemenangan kebanyakan pasangan calon bupati dan wakil bupati, dimana cenderung masyarakat modern ini lebih pragmatis dan lebih mengutamakan keuntungan dengan mendapatkan uang, sembako. Kata Kunci : Perilaku Pemilih, Pemilihan Umum Kepala Daerah.

Downloads

Published

2018-12-17

How to Cite

Pusida, R., Pati, A., & Lambey, T. (2018). PERILAKU PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD TAHUN 2013 (Studi Tentang Efektivitas Kampanye). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/21953