PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUBLIK PT. PERTAMINA (Studi Di SPBU Kelurahan Mongkonai Barat Kota Kotamobagu)

Authors

  • Mustary Putra Pratama Paputungan Program Stud llmu Pemerintahan FISPO-Unsrat
  • Johny Lumolos Program Stud llmu Pemerintahan FISPO-Unsrat
  • Stefanus Sampe Program Stud llmu Pemerintahan FISPO-Unsrat

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana Persepsi Masyarakat Terhadap Tingkat Pelayanan Publik PT. Pertamina di Kelurahan Mongkonai Barat Kota Kotamobagu. Fokus dalam penelitian ini akan menggunakan pendekatan teori persepsi dan pelayan publik. Menurut Jalaludin Rackhmat (2011:50) persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan informasi dan menafsirkan pesan, sedangkan pelayanan publik menurut Hardiyansyah (2011:50) pelayanan publik adalah melayani keperluan orang atau masyarakat atau organisasi yang memiliki kepentingan pada organisasi, sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang ditentukan dan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada penerima layanan. Sehingga fokus dalam penelitian ini akan dilihat dari tingkat kualitas pelayan publik dari SPBU Mongkonai Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodelogi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan maka persepsi publik atau masyarakat dalam pelayanan SPBU di Mongkonai Barat Kota Kotamobagu memiliki tiga indikator penilaian yaitu loayalitas Pelanggan SPBU, pelayanan karyawan dan serta strategi dan standar pelayan SPBU. Pelayan di SPBU Mongkonai Barat cukup baik namun perlu ditingkatkan soal fasiltas dan jam operasional untuk pelanggan khusus, seperti pengisian eceran. Karena permasalahan utama dalam pelayanan di SPBU Mongkonai barat disebabkan oleh masalah antrian yang panjang dimana adanya aktivitas pengisian bahan bakar melalui galan. Akibatnya antrian panjang.


Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Pelayan Publik

Downloads

Published

2021-05-03

How to Cite

Paputungan, M. P. P., Lumolos, J., & Sampe, S. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUBLIK PT. PERTAMINA (Studi Di SPBU Kelurahan Mongkonai Barat Kota Kotamobagu). JURNAL EKSEKUTIF, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/36945

Issue

Section

Articles