Efektivitas Alat Peraga Kampanye Dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Manado Tahun 2019 ( Studi Kasus Di Kecamatan Malalayang )

Authors

  • Lyandro R.J Bawelle Universitas Sam Ratulangi
  • Wiesje Wilar Universitas Sam Ratulangi
  • Efvendi Wilar Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Tujuan ini penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pendapat masyarakat terhadap Efektivitas Alat Peraga Kampanye dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Manado Tahun 2019. Melalui kegiatan kampanye, para calon dan partai politik berupaya mempengaruhi masyarakat dalam pengambilan keputusan, misalnya dalam pelaksanaan pemilihan calon Legislatif, calon berupaya mempengaruhi masyarakat dengan strategi yang digunakan yaitu menggunkan alat peraga kampanye agar mereka mendapatkan simpati dari masyarakat. Pesan yang disampaikan oleh calon legislatif ini berupa berupa ajakan dan ide yang mempengaruhi pemilih bahwa mereka layak untuk dipilih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun fokus penelian ini berfokus pada pendapat masyarakat terhadap efektivitas alat peraga kampanye dalam pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektifitas adalah sesuatu yang memiliki efeknya atau sesuatu yang menimbulkan pengaruh, kesan ataupun akibatnya. Alat peraga kampanye merupakan alat penyampaian visi, misi, program dan informasi lainnya dari peserta pemilu. Dari 100% narasumber yang saya wawancarai, 70% mengatakan bahwa APK pada pemilihan DPRD di Kota Manado Tahun 2019 tidak efektif.

 

Kata Kunci: : Efektivitas, Alat Peraga, Kampanye

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Bawelle, L. R., Wilar, W., & Wilar, E. (2022). Efektivitas Alat Peraga Kampanye Dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Manado Tahun 2019 ( Studi Kasus Di Kecamatan Malalayang ). JURNAL EKSEKUTIF, 2(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/44454