Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Fisik Tahun 2021 (Studi Di Desa Rainis Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud)

Authors

  • Sami Maalinu Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Sarah Sambiran Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Ismail Sumampow Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat

Abstract

Tujuan ini penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Fisik Di Desa Rainis Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2021. Dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, disebutkan bahwa desa mempunyai sumber pendapatan berupa pendapatan asli desa, alokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), bagian dari hasil pajak daerah dan retribusi daerah kabupaten/kota, Alokasi Dana Desa yang merupakan bagian dari dana perimbangan yang diterima oleh kabupaten/kota, bantuan keuangan dari APBD provinsi dan APBD kabupaten/kota, hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga, serta lain-lain pendapatan desa yang sah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam Ketepatan perhitungan biaya pada penggunaan dana desa di Desa Rainis guna menjalankan program, di desa Rainis tidaklah sesuai antara anggaran yang dianggarkan dengan hasil pembangunan di tinjau dari segi kualitas bangunan, Dari segi Ketepatan dalam pengukuran dalam penggunaan dana desa dapat terlihat efektif karna pengukuran yang dilakukan secara berulang-ulang pada panjang jalan paving dan penerangan jalan dengan menggunakan alat yang sama oleh pengukur yang berbeda yaitu TPK dan BPD, hasilnya tetap atau tidak berubah. Jadi dalam aspek pengukuran sudah tepat.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Dana Desa, Pembangunan

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Maalinu, S., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Fisik Tahun 2021 (Studi Di Desa Rainis Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud). JURNAL EKSEKUTIF, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/47127