EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS PADA KANTOR KECAMATAN MALALAYANG MANADO
Abstract
Abstrak : Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) No 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah menjelaskan bahwa Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainnya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Penatausahaan pengeluaran kas merupakan serangkaian proses kegiatan menerima, menyimpan, menyetor, membayar, menyerahkan, dan mempertanggungjawabkan pengeluaran uang yang berada dalam pengelolaan SKPKD (Satuan Kerja Pengelolaan Keuangan Daerah) dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Pengeluaran Kas juga merupakan komponen sumber daya yang perlu adanya pengawasan dan pengendalian dalam pelaksanaannya agar dapat tercapai target dan tujuan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi penerapan system pengendalian internal pengeluaran kas pada Kantor Kecamatan Malalayang Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana dalam pengumpulan data dilakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan sistem pengendalian internal pengeluaran kas di Kantor Kecamatan Malalayang sudah diterapkan dengan baik namun belum maksimal ditandai dengan belum maksimalnya penerapan kebijakan tentang pembinaan sumber daya manusia sehingga masih ditemui pegawai yang kurang menguasai terkait pengeluaran kas, juga belum adanya bagian khusus yang dibentuk untuk melakukan pengendalian internal di Kantor Kecamatan tersebut.
Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal, Pengeluaran Kas