Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Karyawan terhadap Kualitas Manajemen di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Authors

  • Nadya L. Runtuwene Universitas Sam Ratulangi
  • Erwin G. Kristanto Universitas Sam Ratulangi
  • Gustaaf A.E. Ratag Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/msj.v4i2.44804

Abstract

Abstract: Hospital as a service institution must consider the job satisfaction of its employees, so that the excellent service can be achieved which will improve the quality of hospital services. This study aimed to find out the factors related to employee satisfaction with the quality of management at Hospital Prof. Dr. R. D. Kandou Manado and analyze the relationship of these factors. This was a descriptive and analytical study with a cross sectional design through a survey with a quantitative approach. Samples were 350 employees at Prof. Dr. R. D. Kandou Hospital that met the inclusion and exclusion criteria. Independent variables were hospital policy, salary, work situation, career advancement or promotion, and job responsibilities meanwhile dependent variable was satisfaction. A questionnaire was used as the assessment instrument. The univariate analysis showed that most respondents were satisfied with hospital policies (83%), salary (87%), work situation (93%), career advancement (81%), hospital responsibilities (91%), and employee satisfaction (90%). The bivariate analysis showed that there was a relationship between employee satisfaction with hospital policy factors, salary, work situation, career advancement and responsibility (p=0.000). Meanwhile, the multivariate analysis showed that the most related factor to employee satisfaction with the management of hospital was work situation with a value of 39.652 (p=0.004). In conclusion, factors that influence job satisfaction include hospital policies, salary, work situation, responsibility, career advancement or promotion. The most related factor is work situation.

Keywords: employee satisfaction; management quality

 

Abstrak: Rumah Sakit (RS) sebagai institusi pelayanan harus mempertimbangkan kepuasan karyawan agar pelayanan prima dapat tercapai yang akan meningkatkan mutu pelayanan RS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan karyawan terhadap kualitas manajemen di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado dan menganalisis hubungan faktor-faktor tersebut. Jenis penelitian ialah deskriptif analitik dengan desain potong lintang melalui survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ialah 350 karyawan di RSUP Prof Dr. R. D. Kandou Manado yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel bebas ialah kebijakan rumah sakit, gaji, situasi pekerjaan, peningkatan karir, dan tanggung jawab pekerjaan, sedangkan variabel terikat ialah kepuasan. Instrumen penilaian dengan menggunakan kusioner. Hasil analisis univariat mendapatkan bahwa sebagian besar responden merasa puas dengan kebijakan rumah sakit (83%), gaji (87%), situasi pekerjaan (93%), peningkatan karir (81%), tanggung jawab rumah sakit (91%), dan kepuasan karyawan (90%). Hasil analisis bivariat mendapatkan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan karyawan dengan faktor kebijakan rumah sakit, gaji, situasi pekerjaan, peningkatan karir dan tanggung jawab (p=0,000). Hasil analisis multivariat mendapatkan faktor yang paling berhubungan dengan kepuasan karyawan terhadap manajemen RS ialah situasi pekerjaan dengan nilai 39,652 (p=0,004). Simpulan penelitian ini ialah faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan karyawan ialah kebijakan rumah sakit, gaji, situasi pekerjaan, peningkatan karir dan tanggung jawab. Faktor yang paling berhubungan ialah situasi pekerjaan.

Kata kunci: kepuasan karyawan; kualitas manajemen

Author Biographies

Nadya L. Runtuwene, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulagi, Manado,  Indonesia

Erwin G. Kristanto, Universitas Sam Ratulangi

Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Gustaaf A.E. Ratag, Universitas Sam Ratulangi

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

References

Prayoga D. Analisis kepuasan karyawan dan akreditasi rumah sakit. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga: 2017;2(2): 269-89.

Ramadhan S. Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Teknologi dan Manajemn Industri. 2015;1(2): 36-9.

Isvandiari A, Purwanto A. Pengaruh budaya organisasi, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan non medis Rumah Sakit Islam Malang. JIBEKA. 2022;11(1):38-43.

Sirait E, Pertiwiwati E. Faktor–faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Haji Boejasin Pelaihari. Dunia Keperawatan. 2016;4(1):14-20.

Kasmir. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Praktik. Depok: PT Raja Grafindo Persada; 2017. p. 189-93.

Mathis RL, Jackson JH. Human Resources Management (10th ed). Jakarta: Salemba Empat: 2011

Suwarno. Priansa. Manajemen SDM dalam Organisasi Public dan Bisnis. Bandung: Alfabeta; 2011.

Maulana A, Munandar T. Hubungan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Repository IMWI: 2019;2(1): 2620-8490

Aprilia F. Pengaruh beban kerja, stres kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja perawat RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru. JOM Fekon. 2017;4(1):87–100.

Sitinjak LN. Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis. 2018;60(2):162-8.

Nanditya I, Mansur M, Huda S. Faktor Pembentuk Kepuasan Kerja Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit: Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014;28(1):51-3

Suprapta M. Pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan (Studi pada Wake Bali Art Kuta, Bali). EJurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 2015;4(06):430-42.

Sarwar S, Abugre J. The influence of rewards and job satisfaction on employees in the service industry. Bus Manag Rev. 2013; 3(2):1-3.

Kurnia. Hubungan supervisi, rekan kerja, gaji, keamanan kerja, kondisi kerja, promosi jabatan dan jenis pekerjaan dengan kepuasan kerja. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018;6(4):321-9.

Triwijayanti. Hubungan antara kepuasan kerja perawat dengan komitmen organisasi di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan. 2017;4(1):44-9.

Robbins SP, Judge TA. Perilaku Organisasi (16th ed). Terjemahan Saraswati R, Sirait F. Jakarta: Salemba Empat; 2015.

Nafi’ah, AC. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja dokter spesialis Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang pasca implementasi jaminan kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2016;4(1):1-11.

Mulatinah M, Kana N, Warsito BE. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja perawat pelaksana di RSU Budi Rahayu Pekalongan [Master Thesis]. Semarang: Universitas Dipenogegoro; 2014.

Nurfrida. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018; 6(4): 62-71.

Hamali. Pemahaman Sumber Daya Manusia (3rd ed). Jakarta: PT Buku Seru; 2018.

Hardiansyah. Kepuasan kerja sebagai faktor terbentuknya sikap kerja pegawai negeri sipil kantor Kecamatan Klampis. 2018;12(2):167- 87.

Downloads

Published

2023-03-05

How to Cite

Runtuwene, N. L., Kristanto, E. G., & Ratag, G. A. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Karyawan terhadap Kualitas Manajemen di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 135–140. https://doi.org/10.35790/msj.v4i2.44804

Most read articles by the same author(s)