Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado

Authors

  • Sumiati Sumiati Universitas Sam Ratulangi
  • Aaltje E. Manampiring Universitas Sam Ratulangi
  • Herlina I. S. Wungouw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/msj.v5i2.46149

Abstract

Abstract: Patient satisfaction is one of the benchmarks in evaluation of the success of a hospital in providing services. Nutrition is one of the determinants in supporting patient health; therefore, nutrition services for patients must be well considered to improve patient satisfaction in receiving all services at the hospital. This study aimed to determine inpatient satisfaction using indicators of the quality of nutrition services at Prof. Dr. R. D. Kandou Hospital, Manado. This was a quantitative study with a cross sectional design. A questionnaire was used as the instrument. Data were analyzed using the SPSS program with univariate, bivariate, and multivariate analyses. The results obtained 43 inpatients as respondents. The chi-square test showed significant p-values ​​for timeliness (p=0.000), diet prescription accuracy (p=0.000), and food waste (p=0.000). Moreover, the multivariate analysis indicated that the highest Exp(B) value was 38,000 for the timeliness of feeding. In conclusion, there are significant relationships between the service indicators namely timeliness of feeding, accuracy of diet prescriptions, and food waste with the satisfaction of inpatients at Prof. Dr. R. D. Kandou Hospital, Manado. Timeliness is the most relevant factor.

Keywords: patients’ satisfaction; timeliness; diet prescription accuracy; food waste

 

Abstrak: Kepuasan pasien menjadi salah satu tolok ukur pada penilaian keberhasilan rumah sakit dalam memberikan pelayanan. Gizi menjadi salah satu penentu dalam menunjang kesehatan pasien dan pelayanan gizi pada pasien harus diperhatikan agar pasien tetap merasa puas dalam menerima semua pelayanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indikator mutu pelayanan gizi dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jenis penelitian ialah kuantitatif dengan desain potong lintang menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ialah pasien rawat inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou. Data perolehan dianalisis menggunakan program SPSS dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian mendapatkan 43 pasien rawat inap sebagai responden. Hasil uji chi-square mendapat-kan nilai signifikansi untuk ketepatan waktu p=0,000, ketepatan preskripsi diet p=0,000 dan sisa makanan p=0,000. Hasil analisis multivariat menunjukkan nilai Exp(B) tertinggi sebesar 38,000 pada ketepatan waktu pemberian makanan. Simpulan penelitian ini ialah indikator pelayanan ketepatan waktu pemberian makanan, ketepatan preskripsi diet, dan sisa makanan berhubungan bermakna dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado. Ketepatan waktu merupakan faktor yang paling berhubungan dengan kepuasan pasien.

Kata kunci: kepuasan pasien; ketepatan waktu; ketepatan preskripsi diet; sisa makanan

Author Biographies

Sumiati Sumiati, Universitas Sam Ratulangi

Nutrisionis Madya di Instalasi Gizi RSUP Prof. Dr. R. D. kandou, Manado, Indonesia

Aaltje E. Manampiring, Universitas Sam Ratulangi

Bagian Kimia Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Herlina I. S. Wungouw, Universitas Sam Ratulangi

Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

References

Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta 2009.

Kemenkes RI. Buku pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, Dirjen Pelayanan Medik, Direktorat Rumah Sakit khusus dan Swasta. Jakarta: Kemenkes RI; 2013.

Pretirose G, Muafi M. The influence of relationship conflict, employee turnover intention, and employee performance: Role of work burnout as a mediator. Bussecon Review of Social Sciences. 2021 (2687-2285);3(3):15-25.

Departemen Kesehatan RI. Keputusan Menkes RI No. 129/Menkes/SK/II/2008 mengenai Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI; 2008.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Permenkes No. 78 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI; 2013.

Halek YA, Fatimah F, Prawiningdyah Y. Ketepatan jam distribusi dan asupan makan pada pasien dengan diet nasi di Rumah Sakit Umum Daerah Atambua [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Respati; 2012.

Khitan A. Analisis pelaksanaan standar pelayanan minimal pelayanan gizi dan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram [Disertasi]. Malang: Universitas Brawijaya; 2015.

Sastrianegara MF. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Mardianingsih N, Utami FA, Palupi IR. Capaian standar pelayanan minimal gizi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Manokwari Papua Barat. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2020;16(4):152-67.

Fudholi DH. Hubungan labelling pada alat makan pasien dengan ketepatan diet diabetes mellitus (DM) dan rendah garam (RG) yang diberikan di Instalasi Gizi RSUP dr. Sardjito Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2013.

Salbiyah S. Mengelola faktor produksi secara efisien. Balance. 2011;VII(14):108-19.

Anggraeni D, Ronitawati P, Hartati LS. Hubungan cita rasa dan sisa makanan lunak pasien kelas III di RSUD Berkah Kabupaten Pandeglang. Nutrire Diaita. 2017;9(1):13-20.

Nareswara AS. Hubungan kepuasan pasien dari aspek kualitas makanan rumah sakit dengan sisa makanan di RSUD Kota Semarang [Disertasi]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2011.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Sumiati, S., Manampiring, A. E., & Wungouw, H. I. S. (2023). Analisis Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, Manado. Medical Scope Journal, 5(2), 182–187. https://doi.org/10.35790/msj.v5i2.46149

Most read articles by the same author(s)