STRATEGI POLITIK PASANGAN BUPATI ROY RORING DAN WAKIL BUPATI ROBBY DONDOKAMBEY PADA PILKADA KABUPATEN MINAHASA 2018

Authors

  • Hugo Flavio Sondakh

Abstract

ABSTRAK

Pemilihan umum merupakan suatu cara atau sarana untuk menentukan orang-orang yang akan mewakili rakyat dalam menjalankan roda pemerintahan. Kabupaten Minahasa merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara yang telah melaksanakan Pemilukada pada tahun 2018 dengan kemenangan pasangan Roy Roring dan Robby Dondokambey. Bagaimana strategi yang digunakan oleh pasangan Roy Roring – Robby Dondokambey, sehingga dapat memperoleh suara mayoritas dalam Pemilukada di Kabupaten Minahasa tahun 2018 sangat menarik untuk dielaborasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendeskripsikan berbagai strategi yang digunakan oleh pasangan Bupati Roy Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey pada pilkada kabupaten Minahasa 2018. Dari hasil penelitian strategi yang digunakan pasangan ini adalah yang pertama melakukan survey lapangan, melihat kondisi lapangan yang terjadi, mencari tahu kelemahan dan kekuatan lawan serta peluang yang bisa dimanfaatkan. Kedua mengembangkan isu-isu yang ada dan mengangkat isu-isu kelemahan lawan. Ketiga pendekatan kepada masyarakat dengan terjun langsung, bertatap muka dengan masyarakat, sehingga benar-benar memahami yang menjadi keinginan masyarakat. Keempat menjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat, membangun kerjasama yang baik antar tim dan menjaga kekompakan tim. Namun dalam semua strategi yang dilakukan tidak lepas dari pemilihan strategi dan penyusunan serta pelaksanaan yang tepan dan baik sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

 

Kata Kunci : Strategi Politik; Pemilukada; Kabupaten Minahasa.

 

 

ABSTRACT

General election is a way or means to determine people who will represent the people in running the government. Minahasa Regency is one of the regions in North Sulawesi that has held a Regional Head Election in 2018 with the victory of Roy Roring and Robby Dondokambey. What is the strategy used by the Roy Roring pair - Robby Dondokambey, so that being able to obtain a majority vote in the Election in Minahasa Regency in 2018 is very interesting to elaborate. The method used in this study is a qualitative method by describing the various strategies used by the regent Roy Roring and Deputy Regent Robby Dondokambey in the Minahasa district election in 2018. From the results of the research the strategy used by this couple was the first to conduct a field survey, looking at the field conditions happens, find out the weaknesses and strengths of the opponent and opportunities that can be utilized. The second develops existing issues and raises the issues of the opponent's weaknesses. The three approaches to the community by going directly, face to face with the community, so that they truly understand what the community wants. Fourth, maintain good communication with the community, build good cooperation between teams and maintain team cohesiveness. But in all strategies carried out can not be separated from the selection of strategies and the preparation and implementation of the right and good so they can achieve common goals.

 

Keywords: Political Strategy; Pemilukada; Minahasa Regency

Downloads

Published

2019-01-01

How to Cite

Sondakh, H. F. (2019). STRATEGI POLITIK PASANGAN BUPATI ROY RORING DAN WAKIL BUPATI ROBBY DONDOKAMBEY PADA PILKADA KABUPATEN MINAHASA 2018. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/politico/article/view/30498