KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT HAK MILIK DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MANADO
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan public merupakan salah satu tugas utama dari pemerintah. Oleh sebab itu pemerintah wajib melayani kebutuhan masyarakat sebaik mungkin. Namun dalam menjalankan tugas utama tersebut, sangat sering terjadi bahwa pihak yang seharusnya melayani yang dalam hal ini pemerintah, justru di lapangan yang meminta untuk dilayani oleh masyarakat yang seharusnya mereka layani. Problematika terkait dengan pelayanan public hingga kini masih terasa sulit untuk di atasi. Seperti yang terjadi di Kantor Pertanahan Kota Manado yang salah satu tugasnya adalah melayani pembuatan Sertifikat Hak Milik (SHM). Masih dirasakan oleh masyarakat dalam pengurusan Sertifikat Hak Milik di Kantor Pertanahan Kota Manado sangat tidak maksimal, jika dikaitkan dengan pelayanan public yang berintegritas. Dari hasil penelitian pihak Kantor Pertanahan Kota Manado mengakui hal tersebut, dengan berbagai alasan yang dijadikan penyebabnya. Tidak maksimalnya pelayanan yang mereka bisa berikan kepada masyarakat terkait dengan pembuatan Sertifikat Hak Milik, adalah selain personil, sarana prasarana yang dimiliki oleh Kantor Pertanahan Kota Manado, juga yang tidak memungkinkan maksimalnya pelayanan tersebut.
Â
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; SHM; Kantor Pertanahan Kota Manado
Â
Â
ABSTRACT
Public service is one of the main tasks of the government. Therefore, the government is obliged to serve the needs of the community as best as possible. However, in carrying out this main task, it very often happens that those who are supposed to serve, in this case the government, are actually in the field who ask to be served by the people they are supposed to serve. Until now, the problems related to public services are still difficult to overcome. As happened at the Manado City Land Office, which one of the tasks is to provide services for the making of Property Rights Certificates (SHM). It is still felt by the community that in the management of Property Rights Certificates at the Manado City Land Office, it is not optimal, if it is related to public services with integrity. From the results of research, the Manado City Land Office acknowledged this, with various reasons being the cause. The services they can provide to the community are not maximal in relation to the making of Freehold Certificates. Apart from personnel, the infrastructure owned by the Manado City Land Office also does not allow the maximum service.
Â
Keywords: Service Quality; SHM; Manado City Land Office