Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2020

(Identifikasi Penyebab Masyarakat Tidak Menggunakan Hak Pilihnya)

Authors

  • Erika Angela Roring Universitas Sam Ratulangi
  • Marlien T. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Trintje Lambey Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jp.v11i3.44366

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini merupakan hasil identifikasi penyebab mengapa masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Dimembe banyak yang tidak menggunakan hak pilihnya (Golput) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Minahasa Utara. Dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini akan mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi pemilih mengapa mereka tidak menggunakan hak pilih mereka pada Pilkada di Kabupaten Minahasa Utara tahun 2020. Temuan penelitian menggambarkan bahwa masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih mereka terkategori sebagai masyarakat yang golput awam. Hal itu disebabkan karena mereka masih apatis yang artinya tidak ada ketertarikan di bidang politik, ditambah dengan anggapan bahwa suara mereka tidak terlalu berpengaruh. Selain faktor apatisme, yang juga mempengaruhi para pemilih yang mempunyai hak pilih namun tidak menggunakannya adalah pertimbangan dari kebutuhan ekonomi, disamping kurangnya pendekatan politik dari para calon.

 

Kata Kunci: Pemilihan Kepala Daerah; Hak Pilih

 

 

ABSTRACT

This article is the result of identifying the causes why many people, especially people in Dimembe District, do not use their voting rights (Golput) in the 2020 Regional Head Election (Pilkada) in North Minahasa Regency. Using qualitative methods, this study will identify various factors that influence voters why they do not exercise their voting rights in the regional elections in North Minahasa Regency in 2020. The research findings illustrate that people who do not exercise their voting rights are categorized as ordinary people who abstain. This is because they are still apathetic, which means they have no interest in politics, coupled with the assumption that their voices are not very influential. In addition to the apathy factor, which also affects voters who have the right to vote but do not use it, is the consideration of economic needs, in addition to the lack of political approach from the candidates.

 

Keywords: Regional Head Election

Downloads

Published

2022-12-14 — Updated on 2023-01-30

Versions

How to Cite

Roring, E. A., Lapian, M. T., & Lambey, T. (2023). Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2020: (Identifikasi Penyebab Masyarakat Tidak Menggunakan Hak Pilihnya). POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 11(3), 78–89. https://doi.org/10.35797/jp.v11i3.44366 (Original work published December 14, 2022)

Issue

Section

Articles